Sudah Ratusan Warga Daftar Amati Gerhana Bulan di Itera

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Institut Teknologi Sumatera (Itera) Lampung mengizinkan kepada masyarakat apabila yang ingin melihat fenomena gerhana bulan total Rabu (31/1) malam.

Sekretaris Observatorium Astronomi Itera Lampung, Robiatul Muztaba mengatakan, banyak masyarakat yang antusias ingin menyaksikan fenomena langka tersebut.

“Untuk itu, apabila ada masyarakat yang ingin melihat kami mengundang untuk datang ke Itera,” ujarnya, kepada radarlampung.co.id, Rabu (31/1).

Menurutnya saat ini, pihaknya juga telah membuka pendaftaran online dan yang telah mendaftar sebanyak 260 orang. “Yang mendaftar bukan hanya dari Kota Bandarlampung saja, ada yang dari luar dan ada juga dari luar Lampung seperti, Jakarta. Untuk itu kami mengenakan biaya Rp10 ribu yang ingin melihat,” jelas dia.

Baca Juga:   Pelukisan Mural Flyover MBK Mandek?

Lalu, apabila ada masyarakat yang belum sempat mendaftar melalui website. Pihaknya mempersilahkan untuk datang langsung ke Kampus Itera nanti malam. “Kami juga telah menyiapkan layar lebar untuk masyarakat yang tidak sempat melihat melalui teleskop,” ungkapnya.

Dalam untuk melihat fenomena langka ini, pihak Itera telah menyiapkan 11 teleskop untuk mengamati gerhana bulan total tersebut.

“Untuk melihat gerhana bulan total kami menggunakan teleskop jenis ritchie-criterien, diameter 10 inchi. Sedangkan jenis Refraktor dengan diameter sekitar 4–5 inchi untuk pengamatan fenomena gerhana tersebut,” terangnya. (ang/gus)




  • Bagikan