Sungai Meluap Hanyutkan Warung Milik Warga

  • Bagikan
Warung milik masyarakat di Pekon Kubuperahu Kecamatan Balikbukit terseret banjir bandang sungai Way Laay. Foto Capture Video

RADARLAMPUNG.CO.ID– Hujan deras yang melanda sebagian besar wilayah Kecamatan Balikbukit, Kabupaten Lampung Barat mengakibatkan sebuah warung di Pemangku I, Pekon Kubuperahu terseret banjir luapan air sungai, Minggu (28/3) sekitar pukul 16.00 WIB.

Peratin Kubuperahu Eri Susianto mengatakan, peristiwa itu terjadi ditengah guyuran hujan deras. Kejadian tersebut menurutnya merupakan kali kedua terjadi di wilayah Kubuperahu.


“Ini kejadian untuk kedua kalinya di wilayah itu, luapan air sungai menyeret rumah sekaligus kios warga yang bermukim di bantaran sungai tersebut,” jelasnya.

Dijelaskan, saat kejadian aliran sungai yang deras mengakibatkan abrasi hingga merobohkan bangunan yang berada dekat dengan aliran sungai. Selain kios, terdapat bangunan lainnya yang masih berpotensi terdampak abrasi.

Baca Juga:   15 Pekon di Lambar Dapat Bantuan Internet

“Selain kios, gedung serba guna milik pekon juga terancam tergerus aliran sungai. Kami harap dinas terkait dapat mengambil langkah penanganan,” harapnya

Sementara, Camat Balikbukit, Edi Jaya Saputra mengatakan, pihaknya sempat melakukan peninjauan ke lokasi. “Ya tadi kita ke lokasi, satu kios terseret, Alhamdulillah tidak ada korban, namun harta benda pemilik kios sebagian terbawa banjir,” kata dia.

Atas peristiwa itu pihaknya mengimbau masyarakat yang bermukim di bantaran sungai untuk mewaspadai volume air yang bisa meningkat sewaktu-waktu. “Kami minta masyarakat tetap waspada, terutama di tengah tingginya intensitas hujan saat ini,” pesannya.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maidar mengimbau kepada masyarakat agar waspada ketika beraktifitas di sekitar lokasi, terutama pada saat terjadi hujan deras yang menyebabkan debit aliran sungai meluap dan deras.

Baca Juga:   Tak Kuat Habis Operasi Caesar, Peserta SKD Ditandu Keluar Ruangan

“Kami mengimbau kepada warga agar terus waspada ketika berada di dekat aliran sungai, terutama saat airnya deras dan meluap.Terkait dengan adanya kios yang terseret segera ita koordinasikan ke instansi terkait sembari menunggu inventarisir kerugian,” imbuhnya. (edi/rnn/wdi)




  • Bagikan