Sungai Way Sekampung Meluap, Banjir Landa Desa Pelindung Jaya

  • Bagikan
Banjir di desa Pelindungjaya Kecamatan Gunung Pelindung Lamtim. Sumber foto BPBD Lamtim

RADARLAMPUNG.CO.ID-Hujan deras yang mengguyur wilayah Lampung Timur mengakibatkan Sungai Way Sekampung meluap dan sempat merendam wilayah Desa Pelindung Jaya Kecamatan Gunung Pelindung, Jumat (12/2).

Kepala Badan Penanggunglan Bencana Daerah Lamtim Mashur Sampurna Jaya melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik Mujianto menjelaskan, wilayah Desa Pelindung Jaya yang sempat terendam banjir itu berada di Dusun 1 sampai 4.


Menurutnya, berdasarkan keterangan masyarakat peristiwa berawal ketika hujan deras mengguyur wilayah Kecamatan Pelindung mulai pukul 04.00 WIB. Hujan deras itu mengakibatkan Sungai Way Sekampung meluap dan luapannya menggenangi Desa Pelindung Jaya dengan ketinggian air antara 70 cm hingga 100 cm.

Dilanjutkan, tidak ada korban jiwa atas kejadian itu. Namun, derasnya luapan air mengakibatkan kerusakan pagar rumah sejumlah warga karena diterjang banjir bandang. Selain itu, banjir bandang yang berlangsung hingga pukul 09.30 WIB  itu juga mengakibatkan kerusakan sejumlah ruas jalan di Desa Pelindung Jaya.

Baca Juga:   Lamtim Raih Penghargaan Dari Kementrian Keuangan

“Saat ini, air sudah surut. Petugas BPBD bersama warga juga telah bergotong royong memperbaiki fasilitas umum dan pagar rumah yang mengalami kerusakan,”jelas Mujianto.

Kesempatan yang sama Mujianto menghimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan pada saat cuaca ekstrem yang sedang berlangsung saat ini. “Diperkirakan curah hujan tinggi akan berlangsung hingga Maret mendatang. Kami menghimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan dan tidak membuang sampah sembarangan,”imbuh Mujianto. (wid/wdi)




  • Bagikan