Supir Angkot Ini Diamankan Usai Curi Uang Penumpang

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Bandarlampung mengamankan TK (43), warga jl. Soeprapto, Pelita, Tanjungkarang Pusat, Bandarlampung, Kamis (15/6).

Pria yang berprofesi sebagai supir angkutan kota (angkot) ini diamankan usai melakukan tindak pencurian di dalam mobil angkotnya sendiri. Korbannya yakni para penumpang, umumnya wanita dan lansia.

Kanit Reskrim Polresta Bandarlampung, Iptu Widodo mengatakan, TK ditangkap usai dilaporkan salah seorang korbannya. “Target kejahatan pelaku yakni wanita atau orang-orang lanjut usia,” katanya.

Dia melanjutkan, modus yang digunakan pelaku yakni dengan menunggu korban yang baru keluar dari bank setelah mengambil uang pensiunan. Pelaku juga diduga telah terlebih dahulu mengamati korban sebelumnya.

Baca Juga:   Mantan Kepala BPPRD Lamteng Didakwa Gelapkan Pajak PT GGP

“Setelah korban keluar dari bank, kemudian pelaku membujuk korban untuk naik ke angkotnya dan meminta korban untuk duduk di kursi penumpang di samping kursi supir,” katanya.

Setelah sampai ditujuan, pelaku kemudian berpura-pura membantu korban untuk membuka pintu mobil dengan alasan bahwa pintu tersebut sedang rusak dan susah untuk dibuka.

“Pelaku berpura-pura membantu korban untuk membuka pintu mobil, saat korban sibuk dan lengah, saat itu pelaku mengambil kesempatan untuk mengambil harta benda di dalam tas korban,” tambah dia.

Atas aksinya tersebut, pelaku berhasil menggasak uang tunai senilai Rp4,5 juta dan dua unit ponsel milik korban.

Selain mengamankan pelaku, petugas juga menyita satu unit mobil angkot bernomor polisi BE 2845 BU milik pelaku. Atas perbuatannya, pelaku diganjar dengan pasal 362 KUHPidana, serta ancaman hukuman 5 tahun penjara.

Baca Juga:   Advokat David dan Klien yang Divonis 2,5 Tahun Ajukan Banding, Ini Penjelasan Kuasa Hukumnya

Sementara itu, kepada petugas TK mengaku baru melakukan aksinya satu kali. Adapun yang hasil kejahatan, digunakan TK untuk berfoya-foya.

“Pintu mobilnya memang rusak. Terus saya bantu dia (korban, red) untuk buka pintu. Waktu dia lengah, terus saya ambil (uang). Uangnya sudah habis untuk foya-foya,” tandasnya. (Ega/yud)




  • Bagikan