Surat Suara DPRD Pesawaran Nyasar ke Pringsewu

  • Bagikan
foto ilustrasi

radarlampung co.id-Surat suara tertukar ditemukab di Kabupaten Pringsewu. Hal ini terungkap dari hasil penelusuran Mapilu PWI Pringsewu dan Bawaslu setempat. Beruntung petugas KPPS jeli sehingga tak terlanjur masuk kotak.

Persoalan ini disikapi oleh KPU Pringsewu. Dimana yang sudah terlanjur akan di masukkan ke suara partai politik.

Di TPS 8 Pekon Yogjakarta, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu didapati 15 kertas surat suara DPRD Pesawaran. Ketua KPPS setempat Istito mengatakan ke 15 kertas surat suara tersebut belum sempat tercoblos.

“Kami tidak tahu apakah sudah ada kertas surat suara yang tertukar yang sudah terlanjur masuk ke kotak suara,” jelasnya Rabu (17/4).

Kemudian  Di TPS 10, ada 25 kertas surat suara yang tertukar, 2 kertas surat suara diantaranya sudah sempat dicoblos. Namun keburu  namun di ketahui oleh petugas sehingga kedua kertas yang sudah tercoblos tidak jadi dimasukkan ke dalam kotak surat suara.

“Ketahuan saat petugas melakukan pengecekan di nomor antrean 81 dari 152 pemilih, jadi kami tidak bisa memastikan apa sudah ada yang terlanjur masuk ke dalam kotak suara,” ungkap Ketua KPPS 10 Sukandar.

Lain halnya di  TPS 11 Pekon setempat, petugas sebelum pencoblosan dimulai
menemukan 4 kertas surat suara yang tertukar.

Ketua KPPS TPS 11 Sugeng Priyono mengatakan pihaknya mendapat informasi di TPS sebelah ada kertas surat suara yang tertukar.” Ini diketahui karena ada salah satu pemilih tidak menemukan nama calon yang akan dipilihnya,” bebernya.

Mapilu PWI Pringsewu Tutor M mengatakan mendapat Informasi tersebut sudah melakukan pengecekan. Termaduk Komisioner Bawaslu Pringsewu Fajar Fakhlevi langsung turun.

Ketua KPU Pringsewu Andreas Andoyo mengatakan, sesuai surat edaran yang ada
kertas surat suara yang sudah sempat tercoblos dan terlanjur masuk ke kotak suara, nantinya akan dimasukkan ke Partai Politik.“Otomatis akan masuk ke suara partai,” tegasnya. (Mul/rnn/wdi)




  • Bagikan