Survei LSI: Prabowo Unggul di Lampung, Gerindra Nomor Dua


RADARLAMPUNG.CO.ID – Prabowo Subianto masih menjadi pilihan pertama bagi masyarakat Lampung, sedangkan partai Gerindra menduduki posisi kedua.

Hal itu terlihat dalam rilis survei peta elektoral Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) di Provinsi Lampung yang disampaikan Lembaga Survei Indonesia (LSI), Senin (14/3).





Sekretaris DPW Partai Gerindra Lampung Pattimura menegaskan kepada seluruh anggota fraksi Partai Gerindra berikut kader agar sama-sama menjaga nama baik Ketua Umum Prabowo dan capaian hasil survei.

Pattimura mewarning tidak segan-segan memberikan punishmen jika ada kader atau anggota fraksi yang malah menodai marwah Prabowo Subianto, khususnya di Lampung. Pada kesempatan itu dia mengatensi agar kader dan anggota fraksi tidak terlibat dengan kasus.

“Atensinya untuk menjaga hasil ini adalah bagaimana kader dan anggota fraksi jangan buat kasus. Misalnya tertangkap dengan perempuan, asusila, narkoba dan sebagainya. Sebab itu bisa mendegradasi capaian apik yanh sudah diraih ini,” katanya usai Rakorda di Hotel Horizon, Senin (14/3).

Anggota DPRD Lampung itu melanjutkan, dalam rakorda dibahas beberapa hal juga terkait raihan hasil survei.

“Tadi sudah kita bahas. Akan kita lakukan pasca lebaran, apa turunan rencana aksinya. Kita ingin melipatgandakan hasil terhadap situasi yang ada. Mempertahankan kemudian menambah, itu kan perlu strategi. Kita juga tegaskan bagi anggota fraksi agr benar-benar turun ke lapangan. Mereka kan bukan aleg lagi. Gunakan perangkat yang ada di DPRD untuk meraih hati masyarakat,” imbuhnya.

Sementara, Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan, Hasil survei LSI tersebut menyimpulkan, dari simulasi semi terbuka (banyak nama) dan boleh menyebutkan nama lainnya, Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto paling banyak dipilih, 26.1%, mengungguli nama-nama lainnya.

Di tempat kedua adalah Ganjar Pranowo 23.1%, disusul Anies Baswedan 16.6%, AHY 4.6%, Sandiaga 4.1%, sementara nama lain lebih rendah, kurang dari 4%. Belum menjawab mencapai 6.8%
Menurut Djayadi, Prabowo Subianto dipilih terutama karena alasan tegas dan berwibawa. Selain itu Prabowo Subianto paling popular, mencapai 96,9%,  dengan tingkat kedisukaan yang sangat baik mencapai 79,2%.

Sama dengan alasan mengapa memilih, kedisukaan pemilih kepada Prabowo adalah karena alasan tegas dan berwibawa.

Kata dia, survei digelar 16-22 Februari 2022. Populasi survei seluruh WNI di Lampung yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yaitu mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Katanya, sampel sebanyak 820 orang diambil dengan menggunakan metode multistage random sampling dengan toleransi kesalahan (margin of error) ± 3.5% pada tingkat kepercayaan 95 persen, dengan asumsi simple random sampling. Sampel berasal dari seluruh Kabupaten/Kota di Lampung yang terdistribusi secara proporsional.

“Wawancara tatap muka dilakukan oleh pewawancara yang telah dilatih terhadap responden terpilih. Kendali mutu hasil wawancara dilakukan secara random pada 20% dari total sampel oleh supervisor lapangan dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check). Dalam kendali mutu ini tidak ditemukan kesalahan berarti,” katanya.

Pada kesempatan itu, LSI juga menjelaskan hasil survei parpol di provinsi Lampung.  Pada simulasi semi terbuka 17 lambang partai dan boleh menyebutkan nama lain, di Lampung, Partai Gerindra untuk sementara menduduki posisi kedua, setelah PDI Perjuangan.

“Di Provinsi Lampung, pada simulasi 17 lambang partai dan boleh menyebutkan nama lainnya, PDIP memperoleh 36.6%, disusul Gerindra 12.1% di urutan kedua. Selanjutnya adalah Golkar 10%, Demokrat 7.5%, PKB 5.9%, PKS 5.1%, dan NasDem 4.4%, partai lain lebih rendah. Belum menjawab 13.1%” kata Djayadi.

Dibanding hasil pemilu legislatif 2019, urutan partai nomor dua dan seterusnya ini mengalami perubahan, karena sebelumnya nomor dua adalah Partai Golkar.

Sementara untuk Pileg DPRD Lampung, sebut Djayadi, simulasi 17 lambang partai dan boleh menyebutkan nama lainnya, Partai Gerindra tetap pada posisi kedua. Dalam simulasi ini, Gerindra memperoleh 11,3%, setelah PDIP yang memperoleh 35.8%.

Selanjutnya adalah Golkar 9.9%, kemudian Demokrat 8%, PKB 6.4%, NasDem 5.1%, dan PKS 4.4%. Partai lainnya, dibawah 4% lebih rendah. Yang belum menyatakan pilihannya 14.1%.

Kata Djayadi, kedisukaan dan tingkat keterpilihan partai banyak ditentukan oleh tokoh yang ada di partai tersebut. Partai Gerindra, misalnya, tampaknya masih banyak dipengaruhi oleh ketokohan figur pendiri sekaligus ketua umumnya yakni Prabowo Subianto.

Yang juga berpengaruh adalah ketokohan di tingkat provinsi Lampung seperti Sekretaris Jenderal  Partai Gerindra (Ahmad Muzani) yang juga adalah anggota DPR RI dari Dapil Lampung 1 dan ketokohan para anggota DPRD di provinsi Lampung seperti Pattimura (Sekretaris Umum DPD Gerindra Lampung) dan Rahmat Mirjani Djausal (Ketua Fraksi Gerindra DPRD Lampung). (abd/yud)