Tahun Depan, 15 Puskesmas di Lambar Jadi BLUD

  • Bagikan
Puskesmas di Lambar Siap Layani Vaksin Booster
DR. WIDYATMOKO KURNIAWAN, SP.B

RADARLAMPUNG.CO.ID – Sebanyak 15 Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) puskesmas di Lampung Barat akan berubah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) mulai tahun depan.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Lambar dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B. mengungkapkan, dengan berubahnya status menjadi BLUD, puskesmas dapat meningkatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat.

Di mana, puskesmas berkonsentrasi pelayanan pada upaya yang antara lain mencakup edukasi kesehatan serta pencegahan dan deteksi dini penyakit.

“Status BLUD memberikan puskesmas fleksibilitas dikecualikan dari aturan pengelolaan keuangan yang berlaku umum. Namun harus tetap ada aturan main. Selain itu, dengan peningkatan pelayanan dan efisiensi anggaran, pengelolaan keuangannya bisa dipertanggungjawabkan dan lebih efisien,” kata Widyatmoko Kurniawan.

Baca Juga:   Dawam: Pelayanan Puskesmas Margototo Harus Ditingkatkan

Ia mencontohkan, pengelolaan keuangan tertentu bisa dilakukan langsung oleh puskesmas. Seperti kebutuhan mendesak, semisal kekurangan plester dan lainnya. Puskesmas bisa membeli sendiri tanpa pengadaan di Diskes. (nop/ais)






  • Bagikan