Tahun Ini, Bakal Ada 220 Pilkakon di Tanggamus

  • Bagikan
FOTO ILUSTRASI INTERNET

radarlampung.co.id-Pemkab Tanggamus memastikan pemilihan kepala pekon (Pilkakon) serentak bagi 220 pekon bakal terlaksana tahun ini. Ratusan pekon tersebut akan menggelar pilkakon pada November 2019.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Setda Tanggamus, Wawan Haryanto, mengatakan pilkakon serentak di Tanggamus tidak terkena penundaan pelaksanaan. Sebab pelaksanaan pilkakon jatuh pada enam bulan sesudah pemilu.

“Sedangkan pilkakon serentak pada November maka sudah lewat dari enam bulan sejak April 2019,” kata Wawan, Minggu (3/3)

Ia menambahkan, tahapan jelang Pilkakon akan dimulai sejak Agustus 2019. Ada empat agenda yang harus dijalankan pekon mulai dari persiapan, pencalonan, pencoblosan dan penetapan. Kegiatan riilnya seperti pembentukan panitia pilkakon, buka pendaftaran calon, pencoblosan sampai penetapan.

Dalam tahapan pilkakon Badan Perhimpunan Pekon (BHP) nanti membuat panitia pekon. Lalu diteruskan lagi dengan panitia pilkakon.

“Ke-220 pekon tersebut gelar pilkakon serentak karena masa jabatan kepala pekon ada yang habis di tahun ini, sampai 2020. Maka semuanya dilakukan bersamaan dalam satu kegiatan pilkakon serentak. Dan ini adalah jumlah pilkakon terbanyak yang diselenggarakan secara serentak, “ujar Wawan.

Ia menerangkan untuk jumlah pekon terbanyak yang gelar pilkakon ada di Kecamatan Wonosobo sebanyak 25 pekon, lalu Kecamatan Pugung (19 pekon) dan Kecamatan Talang Padang (15 pekon). Selebihnya kurang dari itu dan tersebar merata di seluruh kecamatan yang ada di Tanggamus.

“Untuk penyelenggaraan, Pemkab Tanggamus akan berikan dana hibah yang peruntukannya untuk surat suara. Sedangkan kebutuhan lainnya ditanggung pekon sendiri dari Dana Desa, seperti untuk perlengkapan, konsumsi, dan lainnya,”jelas Wawan. (iqb/rnn/ehl/wdi)




  • Bagikan