Tak Bisa Tangani Pedagang di Badan Jalan, Mundur!

  • Bagikan
AZMI

Sementara Kasatpol PP Tanggamus Yumin mengaku, penertiban memang tugas mereka. Itu untuk para pedagang kaki lima yang berjualan di atas trotoar. Sedang pedagang di badan jalan, menjadi tugas Dishub.

“Kalau tugas kita, menertibkan PKL seperti pedagang di atas trotoar. Kalau pedagang yang berjualan dengan menggunakan badan jalan, tanggung jawab Dishub. Masalah penertiban memang tugas kita. Tapi kami laksanakan setelah ada permintaan personel dari Dishub. Seperti pedagang buah-buahan di badan jalan tersebut,” pungkasnya.


Terpisah, Sekretaris Dishub Tanggamus Suroyo mengatakan, kewenangan penertiban PKL ada pada tiga OPD. Yakni Pol PP, Dishub dan Diskoperindag. Menurut dia, PKL buah yang berjualan di badan jalan. sudah ditertibkan. Namun mereka sudah kembali lagi.

”Tim gabungan yang terdiri dari Dishub, Satpol PP dan Diskoperindag sudah menertibkan pada 27 Agustus lalu. Saat ditertibkan bersih. Namun mereka bandel dan kembali lagi,” kata Suroyo mewakili Kepala Dishub Tanggamus Razi Azanisyah.

Suroyo menyatakan akan berkoodinasi dengan OPD terkait untuk melakukan penertiban lanjutan. ”Kami akan rapat lagi dengan OPD lainnya,” sebut dia.

Diketahui, meski menjadi salah satu penyebab macet, pedagang buah tetap berjualan di sepanjang Jalan Merdeka Kotaagung, Tanggamus. Mereka menggelar lapak hingga badan jalan. Bahkan ada yang menggunakan gerobak atau mobil terbuka.




  • Bagikan