Tak Lulus SBMPTN ? Tenang, Ada Jalur Mandiri Unila

  • Bagikan
Humas Unila M Komarudin. Foto Ruri/radarlampung.co.id

radarlampung.co.id- Usai pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), para calon mahasiswa baru yang belum beruntung lolos PTN, masih ada kesempatan untuk masuk PTN melalui jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) – Barat.

Pendaftaran SMMPTN – Barat telah dimulai sejak 1 Mei lalu hingga penutupan pendaftaran pada 16 Juli mendatang. Pada SMMPTN-Barat dapat memilih tiga program studi pada satu kelompok ujian. Misalnya hanya kelompok soshum ataupun hanya kelompok saintek. Namun, jika memilih prodi yang masuk dalam kelompok campuran, dapat memilih empat prodi.

Humas Badan Pengelolaan dan Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Lampung, M. Komarudin mengungkapkan, Unila menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang memnuka jalur SMMPTN di wilayah barat. Sampai saat ini, pendaftar di jalur SMMPTN telah mencapai 577 peserta.

Baca Juga:   Rangkaian Teknokrat Festival 2021 Diikuti Ratusan Siswa

“Data terakhir yang masuk sebanyak 577 peserta. Terdiri dari kelompok saintek 314 peserta, kelompok soshum 247 peserta dan kelompok campuran sebanyak 16 peserta,” kata Komar, Senin (8/7).

Masih sedikitnya pendaftar pada jalur SMMPTN ini, menurutnya, bukan karena kurang minat para calon mahasiswa baru pada Unila, kemungkinan karena menunggu pengumuman dari jalur SBMPTN juga.

“Ya memang biasanya pendaftar akan meningkat usai pengumuman SBMPTN. Jalur mandiri ini juga ada beberapa jenis, diantaranya jalur paralel, PMPAP bagi peserta tidak mampu, jalur prestasi khusus, dan nanti juga ada jalur vokasi,” ungkapnya. (rur/wdi)





  • Bagikan