Tak Memiliki Form C6 Warga Dapat Memilih, Ini Persyaratannya

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung Nanang Trenggono meminta masyarakat Lampung jangan panik jika belum mendapatkan from C6 atau surat pemberitahuan.

“Kalau belum ada warga yang belum dapat C6 bisa tanyakan ke RT atau RW, karena petugas TPS di Bandarlampung kebanyakan dari RW, Kelurahan dan Kecamatan, maka kita yang proaktif tanyakan,” ujarnya, Selasa, (26/6).

Nanang menerangkan, bagi yang belum mendapatkan C6 kemungkinan ada persoalan teknis surat C6 yang diantar kerumah warga kondisi rumahnya sedang kosong.

“Contohnya ada beberapa kader partai yang berbicara di media bahwa tak diberi C6. Setelah kami konfirmasi ke KPPS, ternyata itu suratnya mau diantar tapi kondisi rumahnya kosong,” terangnya.

Baca Juga:   Ketua Pokdarkamtibmas Tubaba Usul Tandai Rumah Warga Isoman

Dia mengungkapkan, formulir C6 bukanlah hal mutlak yang harus dimiliki, sebab surat tersebut bersifat pemberitahuan atau semacam undangan saja agar warga datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Selagi warga tersebut sudah terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT), maka tetap bisa nyoblos di TPS setempat dengan membawa KTP elektroniknya. Jadi tidak usah kwatir jika tidak dapat C6,” ungkapnya.

Ia menambahkan, KPU bertugas memberikan C6 sebagai informasi kepada pemilih dimana lokasi TPS-nya. Tapi, hal yang paling penting adalah pemilih tersebut ada di DPT.

“Kalau tak ada di DPT, tapi pemilih memiliki KTP Elektronik, maka dia masuk sebagai pemilih tambahan. Tapi, nyoblosnya dibawah jam 1 siang, sedangkan yang memiliki C6 nyoblos bisa dari pukul 7 pagi,” tandasnya. (ndi).




  • Bagikan