Tak Terdeteksi, Kelompok Gajah Bunga Masuk Perkebunan

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kelompok gajah Bunga kembali memasuki perkebunan warga di Pekon Roworejo dan Sidorejo, Kecamatan Suoh, Lampung Barat. Kawanan hewan berbelalai ini merusak tanaman di kawasan tersebut.

Sebelumnya, kawanan gajah Jambul yang berjumlah tiga ekor mendekati pemukiman di Pekon Tuguratu, Kecamatan Bandarnegeri Suoh. .



Menyikapi teror gajah, Camat Suoh Mandala Harto mengumpulkan sejumlah pihak dan membahas langkah agar konflik tersebut tidak terus terjadi.

“Kami bersama anggota DPRD Lambar, TNBBS, Rimbawan KPHL Resort Semangka Hulu, Polsek BNS, peratin serta satgas Pekon Roworejo, Sidorejo, Bandingagung dan Tuguratu melakukan rapat koordinasi,” kata Mandala Harto.

Poin yang dibahas terkait langkah teknis dalam upaya blokade agar tak terjadi bentrok antar warga. Kemudian rencana penggiringan kawanan gajah melalui jalur yang paling memungkinan untuk diarahkan ke hutan TNBBS.

“Kawanan gajah tidak bisa terdeteksi. Sebab GPS Collar terlepas dari gajah Bunga pada dua bulan yang lalu. Sampai saat ini belum terpasang,” ujarnya.

Dilanjutkan, kawanan gajah berada di perkebunan yang berpenduduk. Karena itu diperlukan langkah cepat dalam menyelesaikan masalah tersebut.

“Jika konflik ini berlarut-larut, akan banyak kerugian dialami masyarakat,” tegasnya. (nop/ais)






  • Bagikan