Tanaman Mangga Varietas Isem Kumbang Ditetapkan Sebagai Tanaman Khas Tubaba

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Tanaman Mangga Varietas Isem Kumbang ditetapkan sebagai tanaman khas Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) oleh Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (Pusat PVTPP) Kementerian Pertanian RI. Penetapannya tertuang dalam Tanda Daftar (Sertifikat) Varietas Tanaman Nomor 1386/PVL/2020 yang diterbitkan oleh Pusat PVTPP, pada 23 Januari 2020.

Dengan ditetapkannya Isem Kumbang sebagai salah satu varietas lokal atau tanaman khas daerah Tubaba, Dinas Pertanian (Distan) setempat akan berupaya agar tanaman tersebut tetap terjaga kelestariannya. Bahkan, program khusus pun akan diluncurkan guna mendukung upaya tersebut.

“Tanda daftar varietas tanaman dari PVTPP tersebut menandakan bahwa Isem Kumbang ini adalah tanaman khas dari Tubaba yang layak dilestarikan, dan kita akan berupaya untuk itu,”ungkap Ir. Syamsul Komar, MM, Kepala Distan Kabupaten Tubaba kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (22/3).

Baca Juga:   Pemkab Tubaba Tutup Sementara Destinasi Wisata

Langkah awal yang akan dilakukan, lanjutnya, adalah dengan menginventarisir keberadaan tanaman tersebut dan mengadakan pembibitan kepada masyarakat. Hal itu dilakukan agar tanaman khas Tubaba dapat tumbuh dan berkembang semakin luas di seluruh penjuru bumi bumi Ragem Sai Mangi Wawai, sehingga kelestariannya tetap terjaga.”Kita harapkan nantinya dapat ditanam dan bersama-sama kita jaga agar tidak punah,”ujarnya.

Diketahui, penetapan dari Pusat PVTPP Kementerian Pertanian itu ditandai dengan penyerahan Tanda Daftar Varietas Tanaman melalui Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Lampung, Dr. Drs. Jekvy Hendra, M.Si, kepada Bupati Umar Ahmad S.P, di Uluan Nughik, Kelurahan Panaragan Jaya, pada Jum’at 19 Maret 2021. (fei/rnn/yud)





  • Bagikan