Tanggamus Bakal Miliki Destinasi Wisata Baru

  • Bagikan
Proses land clearing dan pembuatan talud di calon lokasi wisata baru Taman Alamanda, Pekon Batukeramat, Kecamatan Kotaagung Timur. FOTO DOKUMEN DISPARBUD TANGGAMUS

RADARLAMPUNG.CO.ID – Tanggamus bakal memiliki destinasi wisata baru. Letaknya di pinggir jalan lintas barat (Jalinbar) Pekon Batukeramat, Kecamatan Kotaagung Timur atau di atas pos Satlantas.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Tanggamus Retno Noviana Damayanti menyatakan, lokasi wisata tersebut rencananya bernama Taman Alamanda.


“Untuk lahannya seluas 3.200 meter persegi. Memang aset Pemkab Tanggamus yang dihibahkan ke Pemprov Lampung untuk dibangun taman. Pekerjaan pembuatan taman dilakukan oleh Dinas Perumahan, Pemukiman dan Cipta Karya Lampung,” kata Retno, Senin (25/10).

Dilanjutkan, pemanfaatan lahan tersebut sebagai taman karena melihat potensi sekitarnya. Sebab sekelilingnya adalah lahan sayuran dan lainnya tempat penjualan bunga hias. Selain itu lokasi tersebut juga sejuk, karena berada di lereng perbukitan.

Baca Juga:   Peringatan Hari Guru, Motivasi untuk Terus Semangat Melaksanakan Tugas

“Konsepnya nanti ada banyak bunga, sesuai namanya Taman Alamanda. Maka ada juga bunga Alamanda. Lalu ada spot untuk swafoto, produk UMKM, tempat kuliner dan arena bermain anak. Tentunya kami akan berdayakan masyarakat sekitar untuk meningkatkan perekonomian,” terangnya.

Retno mengungkapkan, pembangunan dilakukan bertahap. Tahun ini antara lain fokus ke land clearing dan pembuatan talud untuk mencegah longsor. Anggaran untuk itu sekitar Rp1,4 miliar.

“Lalu akan dilanjutkan tahun-tahun berikutnya. Untuk anggaran tetap dari provinsi dan kami tidak bisa menargetkan kapan selesai pembangunannya,” pungkas Retno. (ehl/rnn/ais)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan