Tanggamus Kembali Terima Hibah Kapal

  • Bagikan
Kapal Banawa 125 telah tiba dan sandar di Pelabuhan Kotaagung, Sabtu malam (7/11). Kapal dengan bobot 35 gross ton tersebut merupakan bantuan hibah dari Kementerian Perhubungan. FOTO RNN

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemkab Tanggamus kembali mendapatkan hibah kapal dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jendral Perhubungan Laut.

Kapal pelayaran rakyat (Pelra) yang diberi nama Banawa 125 ini merupakan kapal kedua. Tahun lalu, Tanggamus menerima kapal sejenis.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Tanggamus Razi Azanisyah melalui Kasi Perhubungan Laut Irwan Suteja mengatakan, bantuan hibah tahun 2018-2019 tersebut direalisasikan setelah sebelumnya Pemkab Tanggamus mengusulkan bantuan kapal pelayaran guna memudahkan transportasi angkut barang maupun orang.

Pada 2019 lalu, Kemenhub merealisasikan hibah kapal Bajawa 62. “Kapal Banawa Nusantara 125 ini berbobot 35 gross ton (GT). Untuk kapasitas penumpang sebanyak 24 orang dan barang 10 ton. Sama dengan kapal Bajawa 62,” kata Irwan Suteja.

Baca Juga:   2.766 Pendaftar CPNS Tanggamus Lulus Seleksi Berkas

Selain keperluan angkutan barang dan orang, rencananya kapal difungsikan untuk kondisi darurat. Antara lain mengangkut orang sakit di wilayah Pematangsawa bagian Selatan dan Pulau Tabuan.

Irwan menuturkan, tambahan dua unit kapal dari Kemenhub tersebut sangat membantu mobilitas angkutan barang maupun penumpang. (ehl/rnn/ais)




  • Bagikan