Tanggamus Masuk Zona Oranye, Jangan Santai, Tetap Lakukan Upaya Pencegahan!

  • Bagikan
ILUSTRASI/FOTO ONMANORAMA.COM

RADARLAMPUNG.CO.ID – Tanggamus berhasil keluar dari zona merah penyebaran virus Corona. Saat ini kabupaten berjuluk Bumi Begawi Jejama itu kembali ke zona oranye.

“Dengan berubah menjadi zona oranye, tentu Satgas Covid-19 Tanggamus bersyukur. Namun ini bukan tujuan akhir. Harapannya bisa ke zona kuning dan hijau,” tegas Humas Satgas Covid-19 Tanggamus Sabaruddin.


Dilanjutkan, salah satu faktor yang menjadikan Tanggamus keluar dari zona merah karena terjadi tren penurunan kasus dalam satu minggu terakhir.

Sabaruddin mengungkapkan, penetapan zona oranye berdasar penilaian dari gugus tugas pusat yang terhadap perkembangan kasus setiap minggunya.

“Ada tiga kriteria penilaian yakni epidemiologi, surveilans dan pelayanan kesehatan,” urainya.

Tanggamus ditetapkan sebagai zona merah bersama 12 kabupaten/kota lain. Saat menjadi oranye, juga berbarengan dengan wilayah lain, kecuali Kota Metro.

Baca Juga:   Rutan Kotaagung Gelar Simulasi Penanganan Kebakaran

“Saat itu kondisi peningkatan kasus bukan saja dialami Tanggamus. Tapi sebagian besar daerah. Terlebih untuk daerah perlintasan atau tujuan. Tanggamus termasuk daerah tujuan, sehingga wajar apabila terjadi peningkatan kasus. Status zonasi tersebut tidak bisa tetap. Bisa berubah-ubah. Sangat dipengaruhi mobilitas masyarakat serta evaluasi dari satgas pusat,” sebut dia.




  • Bagikan