Tanggamus Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak Katagori Pratama

  • Bagikan
Bupati Tanggamus Dewi Handajani didampingi Kepala Diskominfo Sabaruddin serta Kadis PPPA, Dalduk dan KB Edison saat menerima penghargaan KLA katagori Pratama dari Kementerian PPPA yang berlangsung secara virtual, Kamis (29/7). FOTO DISKOMINFO TANGGAMUS

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) memberikan penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) katagori Pratama kepada Tanggamus secara virtual, Kamis (29/9).

Turut mendampingi Bupati Tanggamus Dewi Handajani, S.E., M.M. saat penerimaan penghargaan secara virtual, Kepala Diskominfo Sabaruddin serta Kadis PPPA, Dalduk dan KB Edison.


Menteri PP dan PA I Gusti Bintang Darmavati dalam pemaparannya mengatakan, kabupaten/kota layak anak merupakan sistem pembangunan berbasis hak anak yang dilakukan dengan pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat, media dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam bentuk kebijakan, program, dan kegiatan yang di tujukan untuk menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak.

Baca Juga:   34 Peserta Tes SKD CASN Tanggamus Tidak Hadir, Satu Isoman

“Kabupaten/kota layak anak yang diamanatkan dalam UU Perlindungan Anak juga didukung oleh undang-undang pemerintah daerah, dipertegas bahwa urusan pemerintah di bidang anak merupakan urusan wajib non pelayanan dasar yang harus di lakukan pemerintah dan didukung oleh masyarakat, media dan wirausaha sebagai empat pilar pembangunan,” tegas I Gusti Bintang Darmavati

Dilanjutkan, penghargaan kabupaten/kota layak anak diberikan kepada daerah yang mempunyai komitmen tinggi untuk mendukung pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak melalui proses evaluasi yang dilakukan oleh Kementerian PPPA dan tim independen.

“Evaluasi dilakukan untuk mengukur kinerja pelaksanaan 24 indikator telah ditetapkan yang pada akhirnya bermuara pada penghargaan kabupaten/kota layak anak yang terdiri dari lima kategori. Yaitu pratama, madya, nindiya, utama, dan KLA,” urainya.




  • Bagikan