Tanggul Way Sedayu Jebol, Ratusan Rumah Terendam

  • Bagikan
Kalak BPBD Tanggamus Ediyan M. Thoha, Camat Semaka Wiwin Triani dan Uspika saat meninjau perbaikan tanggul Way Sedayu yang jebol, Selasa subuh (31/8). Peristiwa ini menyebabkan ratusan rumah di lima pekon terendam. FOTO DOKUMEN BPBD TANGGAMUS

RADARLAMPUNG.CO.ID – Hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Kecamatan Semaka sejak Senin malam (30/8) hingga Selasa subuh (31/8) menyebabkan tanggul Way Sedayu Jebol.

Luapan air dari sungai Way Sedayu merendam ratusan rumah di Pekon Sukaraja, Kacapura dan Bangunrejo. Tiga pekon lain, yakni Waykerap, Sedayu dan Pardawaras juga terendam. Namun air berasal dari gunung.


Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanggamus Ediyan M. Thoha melalui Kasi Kedaruratan Budi mengatakan, air mulai merendam pemukiman warga sekitar pukul 04.15 WIB.

“Ada dua titik tangggul Way Sedayu yang jebol. Masing-masing 85 meter dan 100 meter. Merupakan tanggul darurat yang BPBD buat tahun lalu,” kata Budi, Selasa pagi (31/8).

Baca Juga:   Dibuka, Seleksi Terbuka Tujuh JPTP Pemkab Pesawaran

Dilanjutkan Budi, titik terparah akibat banjir ada di Pekon Sukaraja. Air menggenangi jalan dan pemukiman dengan ketinggian satu meter. Jalan lintas Barat (Jalinbar) ruas Pekon Sukaraja sempat tertutup material tanah, batu dan krokos.

“Jam 08.30 WIB, air mulai surut, tidak lagi menggenangi rumah dan jalan. Hal itu setelah kita tutup tanggul yang jebol dengan alat berat. Lalu untuk pembersihan material jalinbar, ada dari tim Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (P2JN) serta Satlantas Polres Tanggamus. Sekarang jalan sudah bisa dilalui kembali,” ungkap Budi.




  • Bagikan