Tanpa Messi dan CR7

  • Bagikan
Foto: Net

radarlampung.co.id – Tak ada aksi Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo pada laga uji coba, November ini.  Ya, nama kedua superstar lapangan hijau itu tak masuk skuad negaranya masing-masing.  Baik Messi maupun CR7—julukan Cristiano Ronaldo—sudah absen membela timnas mereka  tersingkir di babak 16 besar Piala Dunia 2018 Rusia.  Berarti keduanya sudah melewatkan empat laga uji coba sejak September hingga Oktober.

Selain Messi, pelatih Argentina, Lionel Scalani juga tidak memasukkan nama Sergio Aguero, dan Gonzalo Higuain untuk uji coba kontra Meksiko, 16 November nanti.

Belum bergabungnya Messi memantik kekhawatiran suporter Argentina. Pasalnya, musim panas tahun depan Argentina akan mengikuti Copa America 2019 di Brasil.

Jika sampai awal tahun, El Messiah—julukan Lionel Messi—tidak juga bergabung, kemungkinan dia bisa saja melewatkan turnamen bergengsi antara negara-negara Amerika Latin itu.

Sementara Ronaldo, sejak awal pelatih Portugal, Fernando Santos menegaskan sang kapten ingin fokus bersama Juventus. Tapi, Santos yang memimpin Portugal juara Piala Eropa 2016, beberapa kali meyakinkan pendukung bahwa Ronaldo akan kembali ke timnas.

Portugal akan menghadapi Italia pada 17 November dan Polandia tiga hari kemudian di UEFA Nations League (UFL). Setelah itu, mereka dijadwalkan kembali melakoni uji coba Maret tahun depan. Meski keputusan tidak memasukkan CR7 dalam daftar skuat diambil dengan kesepakatan bersama, Santos tidak berani menggaransi pemain berusia 33 tahun itu akan kembali Maret nanti.

“Ini bukan hanya tentang Ronaldo, saya telah mengatakan bahwa tidak ada orang yang dikecualikan. Tidak layak membuat keributan besar tentang hal itu. Hanya masa depan yang akan memberi tahu kita apa yang akan terjadi. Saya tidak tahu apa yang akan terjadi antara sekarang dan Maret. Saya tidak punya bakat menebak masa depan,” tegas Santos di India Today.

Bintang lain yang juga tidak bisa disaksikan aksi-aksinya dalam laga antar-negara bulan ini yakni pemain termahal Manchester United, Paul Pogba. Nama Pogba awalnya masuk dalam skuat Prancis untuk menghadapi Belanda di UFL dan Uruguay dalam laga uji coba. Akan tetapi, ia menarik diri bersama rekan setimnya di MU, Anthony Martial karena cedera.

Federasi Sepak Bola Perancis pada Senin waktu setempat sudah mengumumkan keputusan kedua pemain tersebut. Meski sudah tiba di markas pelatihan di Clairefontaine, penilaian tim dokter, Franck Le Gall menyebut mereka tidak bisa bermain. Sebagai gantinya, Pelatih Prancis, Didier Deschamps sudah memanggil gelandang Tottenham Hotspur, Moussa Sissoko dan striker Arsenal, Alexandre Lacazette.

Deretan pemain top lainnya yang juga absen di laga internasional November ini termasuk Casemiro, Nacho, Marc Andre ter Stegen, Jerome Boateng, Marouane Fellaini, serta Kevin De Bruyne. Tapi, dua bintang Belgia; Eden Hazard dan Romelu Lukaku yang baru pulih dari cedera dilaporkan akan tetap bermain.

Satu nama bintang yang juga bisa disaksikan penampilannya adalah Wayne Rooney. Eks kapten Inggris tersebut dipanggil Manajer Gareth Southgate untuk pertandingan perpisahan. Rooney yang menjadi top skor sepanjang masa Inggris dengan 53 gol rencananya akan bermain kontra Amerika Serikat di Wembley pada Kamis. (fin/ais)

 




  • Bagikan