Tapir Ditemukan di Gisting, Terjebak di Bekas Sumur

  • Bagikan
Tapir yang terjebak di sumur di Blok 4, Pekon Gisting Bawah, Kecamatan Gisting, Tanggamus. FOTO RNN

RADARLAMPUNG.CO.ID – Seekor Tapir dewasa terperosok ke bekas sumur di kebun milik warga Blok 4, Pekon Gisting Bawah, Kecamatan Gisting, Kamis (15/7).

Proses evakuasi yang melibatkan tim gabungan BKSDA Lampung-Bengkulu, TNBBS, Damkar, TNI/Polri dan dibantu warga berjalan dramatis. Tapir berhasil dikeluarkan dari sumur, namun gagal dimasukkan ke kandang transit milik BKSDA dan akhirnya terlepas.

Kepala Pekon Gisting Bawah Safari mengatakan, tapir ditemukan warganya sekitar pukul 12.00 WIB saat mencari rumput di kebun. Mulanya disangka babi hutan. Namun ternyata Tapir dan langsung melaporkan.

“Ketika saya lihat hewan tersebut, ternyata satwa dilindungi. Kemudian saya langsung menghubungi pihak Damkar dan BKSDA, kepolisian, serta TNBBS,” kata Safari.

Baca Juga:   Tren Kasus Covid-19 di Lambar Mulai Landai, Tapi Angka Kematian Tinggi
Tim gabungan BKSDA, Damkar, TNI, Polri dan Polhut berupaya mengevakuasi seekor Tapir yang terjebak di sumur di Blok 4, Pekon Gisting Bawah, Kecamatan Gisting. Tapir berhasil keluar dari lubang, namun gagal masuk ke kandang transit yang telah disiapkan BKSDA. FOTO RNN

Bekas sumur lokasi Tapir terjebak memiliki kedalaman 1,5 meter dan berdiameter 1,5 meter. Hewan tersebut diperkirakan sudah berada di sana sejak Rabu malam (14/7).

Safari dan warga lainnya mengaku baru melihat langsung Tapir yang ternyata di luar dugaan, karena tubuhnya besar.

“Saya berpesan kepada masyarakat agar tidak menyakiti hewan tersebut, karena dilindungi. Biarkan para petugas yang menangani ini agar bisa dipulangkan ke habitatnya,” pesan Safari.




  • Bagikan