Target 15 Desa Terapkan DeDi-DeWi Tahun Ini

  • Bagikan
Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona saat launching warkop digital di Desa Hanura, Kecamatan Telukpandan, Rabu (17/2). FOTO FAHRURROZI/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Pesawaran Dendi Ramadhona-Marzuki bakal langsung bergerak menjalankan visi misi. Salah satunya melalui program desa digital (DeDi) dan desa wisata (DeWi). Targetnya 15 desa tahun ini.

“Kita targetkan 15 desa untuk DeDi-DeWi sudah dilaksanakan. Bahkan bisa lebih, jika melihat animo kawan kawan kades,” kata Dendi Ramadhona, Kamis (18/2).

Menurut Dendi, mau tidak mau kepala desa harus siap. Jangan sampai tidak memiliki perangkat digital.

Baca Juga:   Pastikan Harga dan Keamanan Pangan, Tim HBKN Sidak Pasar Tradisional

“Contoh, masak kegiatan zoom meeting selalu menggunakan handphone. Harus menggunakan hardware yang mumpuni,” tegasnya.

Periodesasi pertama yang tercantum dalam misi ke-VIII, mewujudkan desa tangguh dan mandiri. Pemkab Pesawaran sudah memberikan stimulus anggaran untuk program Gerakan Desa Ikut Sejahtera (Gadis) melalui APBD.

Tujuannya membantu pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) 144 desa dengan besaran Rp100 juta per desa.

Baca Juga:   Jadikan Bangga Kencana Sebagai Program Prioritas

“Setelah Gadis, kita lanjutkan tahun ini untuk program Badan Usaha Jejama Berkembang (Bujang). Mayoritas dipergunakan menstimulus BUMDes yang sudah maju agar bertambah maju lagi,” jelasnya.

Program Bujang rencananya disalurkan dana Rp200 juta. Nantinya akan dialokasikan untuk pemulihan ekonomi mikro. Melalui pinjaman lunak kepada IKM dan UMKM sesuai persyaratan yang berlaku.

Baca Juga:   Bangga Kencana Pengaruhi Keberhasilan Program Lain

“Dari anggaran Bujang, akan ada alokasi untuk pemulihan ekonomi mikro sebesar 50 persen dan 50 persen program DeDi dan DeWi,” tegasnya. (ozi/ais)



  • Bagikan



Lampung Barat Diguncang Gempa Tektonik Bejat! Paman Cabuli Keponakan Hingga Hamil Delapan Bulan ASDP Tak Melayani Pemudik, Kecuali…