Target 2022 Seluruh Pekon di Tanggamus Sandang Predikat ODF

  • Bagikan
ILUSTRASI/FOTO NET

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemkab Tanggamus menargetkan seluruh pekon menyandang predikat sebagai pekon ODF (open defecation free) atau pekon setop buang air besar sembarangan (BABs) tahun depan.

Bupati Tanggamus Dewi Handajani mengatakan, maksud pekon ODF adalah adalah masyarakat di wilayah tersebut tidak ada lagi yang melakukan praktik BAB di sembarang tempat. Seperti di kebun, sungai, siring atau kali dan kolam.

“Tahun 2020 sudah 39 pekon ODF. Pada 2021 ditarget 57 pekon/kelurahan ODF dan tahun 2022 ditarget 206 pekon/kelurahan ODF,” kata Dewi Handajani.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Tanggamus Taufik Hidayat mengatakan, untuk mewujudkan pekon ODF butuh dukungan semua pihak.

“Langkah-langkah tidak hanya dilakukan oleh dinas kesehatan. Tapi dukungan dari semua pihak. Pemerintah daerah lewat regulasi agar setiap pekon menganggarkan dari dana desa untuk kegiatan terkait ODF,” kata Taufik Hidayat.

Baca Juga:   Sekkab Tanggamus Lantik Puluhan Pejabat Eselon III dan IV

Dilanjutkan, jajaran Diskes Tanggamus siap memfasilitasi pendampingan dan stimulan desa yang sudah diajukan serta disiapkan sebagai pekon ODF.

“Kesadaran masyarakat agar memiliki sanitasi sehat memang harus terus dipicu. Perlu waktu. Tapi kami yakin upaya pemicuan dari tenaga pendamping sanitasi yang ada di puskesmas akan berhasil,” pungkas Taufik. (ehl/rnn/ais)



  • Bagikan