Target Empat Hari Selesaikan Tanggul Darurat  

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Alat berat mulai memperbaiki tanggul darurat yang jebol di Way Banding, Pekon Banding, Kecamatan Bandarnegeri Semuong, Rabu (23/1). Rencananya, ada tiga unit eskavator yang diturunkan.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanggamus Maryani mengatakan, alat berat tersebut sudah tiba di lokasi, Selasa malam (22/1). Namun belum bisa dioperasikan lantaran arus sungai masih deras.

“Baru Rabu pagi, alat berat bekerja. Mudah-mudahan cuaca mendukung,” kata Maryani mewakili Kepala Pelaksana BPBD Tanggamus Romas Yadi

Dilanjutkan, jika sudah tiga alat berat yang diturunkan, diharapkan pembuatan tanggul darurat selesai dalam waktu empat hari.

Diketahui, banjir bandang melanda sejumlah pekon di Kecamatan Bandarnegeri Semuong Minggu malam (20/1). Peristiwa itu disebabkan jebolnya tanggung Way Banding.

Camat BNS Suwandi mengatakan, sedikitnya dua pekon terdampak banjir bandang. Yakni  Pekon Rajabasa dan  Banding.

Wakil Bupati Tanggamus AM. Syafi’i mengatakan, pemkab melalui dinas terkait segera menindaklanjuti banjir bandang yang terjadi di Pekon Banding, Rajabasa serta Sanggi Unggak. Alat berat diturunkan untuk normalisasi Way Banding yang mengalami sedimentasi.

“Kalaupun nanti diperlukan, akan kita upayakan bronjong,” kata AM. Syafi’i, Senin (21/1).

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Tanggamus Riswanda Djunaidi mengatakan, pihaknya telah menyiapkan anggaran Rp1 miliar untuk normalisasi serta bronjong Way Banding di Kecamatan Bandarnegeri Semuong. (ral/ehl/ais)

 

 




  • Bagikan