Target LPj. APBD Pesawaran 2018 Rampung Bulan Ini

  • Bagikan
LAHIRI

radarlampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Pesawaran menargetkan Laporan Pertanggungjawaban (LPj.) APBD Tahun Anggaran 2018 rampung Maret ini dan diserahkan ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

”Target, bulan ini selesai untuk Laporan Pertangunggjawaban APBD 2018. Kemudiana kita serahkan ke BPK,” kata Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pesawaran Lahiri kepada Radarlampung.co.id, Selasa (12/3).


Menurut dia, beberapa waktu lalu BPK Perwakilan Lampung sudah melaksanakan audit pendahuluan kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemkab Pesawaran. Setelah LPj. APBD 2018 selesai, BPK akan melaksanakan audit rinci untuk seluruh OPD.

”Kalau audit pendahuluan sudah. Tinggal audit rinci. Nah pelaksanaannya menunggu LPj. APBD selesai di-review Inspektorat dan diserahkan ke BPK,” urainya.

Baca Juga:   Sudah 60 Pekon Sampaikan Tindak Lanjut Laporan Pemeriksaan ke Inspektorat Pesbar

Dilanjutkan, audit rinci diperkirakan memakan waktu sekitar satu bulan. Setelah rampung, akan keluar hasilnya berupa pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan yang didasarkan pada empat criteria.

Yakni kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan (adequate disclosures), kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern.

“Kita berharap meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Alhamdulillah pada 2017 dan 2018 lalu berturut-turut kita meraih WTP. Mudah-mudahan tahun ini kita dapat mempertahankannya,” tegasnya. (ozi/ais)

 




  • Bagikan