Target Produksi Padi Pesawaran 241.119 Ton dan Jagung 183.183 Ton

  • Bagikan
Pemerintah Kabupaten Pesawaran menargetkan produktivitas padi tahun 2021 ini mencapai 241.119 ton dan jagung sebesar 183.183 ton. FOTO DOKUMEN DINAS PERTANIAN PESAWARAN

RADARLAMPUNG.CO.ID – Sebagai upaya mendukung program swasembada pangan nasional, Pemerintah Kabupaten Pesawaran melalui Dinas Pertanian menargetkan produktivitas padi tahun 2021 ini mencapai 241.119 ton dan jagung sebesar 183.183 ton.

Kepala Dinas Pertanian Pesawaran Anca Martha Utama N., S.STP., M.M., MP., mengatakan, dari target produktivitas padi sebesar 241.119 ton tersebut, rinciannya padi sawah sebanyak 158.420 ton dan padi ladang 82.699 ton.


“Selain pangan, komoditas dibidang hortikultura yakni cabai. Produksi cabai asal Pesawaran juga menjadi andalan di Provinsi Lampung,” kata Anca Martha Utama, Selasa (23/2).

FOTO DOKUMEN DINAS PERTANIAN PESAWARAN

Dikatakan, untuk merealisasikan target produksi tersebut, pemerintah kabupaten berupaya semaksimal mungkin melalui teknologi tepat guna, pengaplikasian bibit dengan varietas unggul dan penyediaan infrastruktur yang mendukung.

Baca Juga:   DAI Kamtibmas Lampung Gelar Rakor se-Provinsi Lampung

“Untuk menggenjot target tersebut, upaya lain yang kita lakukan yakni mengejar musim tanam. Jangan sampai jadwal tanam meleset. Karena prediksi ketersediaan air,” ucapnya.

Langkah selanjutnya adalah memperbaiki infrastruktur penunjang seperti saluran irigasi. Kemudian memperhatikan penggunaan pupuk alternatif agar para petani tidak bergantung pada pupuk subsidi.

FOTO DOKUMEN DINAS PERTANIAN PESAWARAN

“Selain menjamin ketersediaan air, pupuk dan benih dengan varietas unggul, kita juga memberikan penyuluhan kepada petani pada 11 kecamatan,” paparnya. (ozi/ais)




  • Bagikan