Target Vaksinasi Lamtim 830 Ribu Jiwa, Baru Terealisasi 8,4 %

  • Bagikan
ILUSTRASI/FOTO DOKUMEN RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Timur mentargetkan program vaksinasi dapat menyasar 830 ribu jiwa. Kepala Dinas Kesehatan Lamtim dr. Nanang Salman Saleh menjelaskan, berdasarkan data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, jumlah penduduk Lamtim sebanyak 1.129.000 jiwa. Dari jumlah tersebut, yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 4.936 atau 0,43 persen dari total penduduk.

Kendati persentase yang terkonfirmasi masih kecil dibanding jumlah penduduk. Namun, penyebaran Covid-19 tetap harus dicegah.


Dilanjutkan, berbagai upaya terus dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Antara lain, melalui program vaksinasi. Menurutnya, targetnya vaksinasi menyasar 830 ribu penduduk atau 73,51 persen. Namun, saat ini baru terealisasi 70 ribu sasaran atau 8,4 persen dari target. Dari 70 ribu sasaran itu, 40 ribu di tahap 1 dan 30 ribu di tahap 2.

Baca Juga:   Anggota DPR RI Siapkan 3.000 Dosis Vaksin untu Warga Seputihraman

“Program vaksinasi akan terus kami laksanakan,” terang dr. Nanang saat menghadiri vaksinasi masal di Gedung Dakwah PD Muhammadiyah Lamtim, Kamis (12/8).

Lebih lanjut dijelaskan, masih rendahnya realisasi vaksinasi itu antara lain disebabkan kurangnya pasokan dari pusat. Padahal antusiasme masyarakat mengikuti vaksinasi tinggi. “Realisasi vaksinasi di Lampung terendah se Indinesia,” lanjutnya.

Selain itu, imbuhnya, penyebab rendahnya realisasi vaksinasi di Lamtim juga disebabkan adanya warga luar daerah yang mengikuti vaksinasi di Lamtim. Antara lain, para ASN dan pelaku perjalanan. “Jumlahnya sekitar 0,5 persen warga luar daerah yang mengikuti vaksinasi di Lamtim,” terang dr. Nanang didampingi Kabid Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Sartono.

Di kesempatan yang sama, dr. Nanang menjelaskan, saat ini total warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 4.936 atau tambah 52 dibanding sehari sebelumnya.

Baca Juga:   Ini Tanggapan Ketua DPRD Lamtim Atas Penahanan AF

Dari total yang terkonfirmasi, 3.691 telah sembuh atau tambah 73 dibanding sehari sebelumnya. Sedangkan yang meninggal dunia sebanyak 406 atau tambah 12 dibanding sehari sebelumnya. (wid/sur)




  • Bagikan