Targetkan Satu Pekon Kembali Menyandang Predikat ODF

  • Bagikan
Bupati Tanggamus Dewi Handajani saat menyampaikan arahan di Pekon Karangsari, Kecamatan Airnaningan membahas target pekon ODF. FOTO DOKUMEN KECAMATAN AIRNANINGAN

RADARLAMPUNG.CO.ID – Bupati Dewi Handajani menargetkan satu pekon di Tanggamus kembali menyandang predikat sebagai pekon ODF (Open Defecation Free) atau pekon setop buang air besar sembarangan. Yakni Pekon Pekon Karangsari di Kecamatan Airnaningan.

Hal itu disampaikan Dewi Handajani saat mengunjungi Pekon Karangsari. Menurut dia, program setop buang air besar sembarangan, dapat memberikan manfaat positif kepada masyarakat. Utamanya kesehatan.


Karena itu, Karangsari diharapkan dapat menyusul wilayah lainnya sebagai pekon ODF.

“Ini juga bisa dianggarkan melalui dana desa. Untuk sistem dan teknisnya seperti apa, tinggal diterapkan oleh kepala pekon. Kepala pekon juga bisa mencari tahu informasi dari pekon yang sudah lebih dulu ODF,” kata Dewi Handajani.

Baca Juga:   Enam Jam Berjuang, Tim Vaksinasi Polres Tanggamus Datangi Wilayah Terisolir

Sementara Camat Airnaningan Royensyah mengatakan, ada tiga pekon yang belum 100 persen ODF. Meliputi Karangsari, Airkubang dan Wayharong.

Langkah agar tiga pekon tersebut bisa menyandang predikat pekon ODF adalah dengan mengikuti program dan pembinaan dari dinas kesehatan (Diskes).

“Jadi, untuk tiga pekon ini memang prioritas. Secara bertahap mulai ODF. Lalu terkait instruksi dari bupati, akan kita rapatkan dengan UPT Puskesmas dan pemerintah pekon,” kata Royensyah. (ehl/rnn/ais)




  • Bagikan