Lambar  

Tarif Angkutan Penumpang Trayek Rajabasa-Liwa Naik, Segini Besarannya


RADARLAMPUNG.CO.ID – Tarif angkutan penumpang untuk jurusan Rajabasa-Liwa sebaliknya pada musim mudik dan arus balik lebaran hari raya idil fitri 1443 hijriah mengalami kenaikan. Kenaikan tarif ini berlaku mulai 25 April hingga 11 Mei mendatang.

Kasi Angkutan pada Dinas Perhubungan (Diahub) Lampung Barat Wendi Satria, S.H., mengungkapkan, untuk tarif angkutan penumpang menjelang dan setelah lebaran tahun ini telah ditetapkan oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Organisasi Angkutan Darat (Organda) Provinsi Lampung melalui keputusan nomor Skep. 02.SE/DPD.LPG/IV/2022.





“Untuk tarif Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) Rajabasa-Liwa dan sebaliknya meskipun tidak ditetapkan oleh pihak Organda namun kita mengikuti tarif untuk AKDP trayek Rajabasa-Krui, yakni sebesar Rp85.000/orang, ” ungkap Wendi mendampingi Plt. Kepala Dishub Lambar Drs. Junaidi Jamsari.

Hal yang sama juga untuk angkutan travel dalam hal ini travel resmi juga tidak ditetapkan oleh pihak Organda, namun berdasarkan pertimbangan yan dilakukan pihaknya, maka dikeluarkan kebijakan untuk kenaikan tarif penumpang Rajabasa-Liwa dan sebaliknya itu naik Rp20 ribu/orang dari tarif sebelumnya sebesar Rp100 ribu/orang, atau sejak 25 April hingga 11 Mei 2022 tarif angkutan travel menjadi Rp120 ribu/orang.

“Setelah penberlakuan tarif ini berakhir, maka pihak pengelola angkutan akan kembali memberlakukan tarif sebelumnya, untuk travel itu kembali menjadi Rp100 ribu/orang,” ujar Wendi.

Ia juga mengimbau kepada seluruh pemilik angkutan travel dan juga AKDP untuk bisa memberlakukan tarif sebagaimana yang ditetapka. “Untuk tarif harus diberlakukan sesuai aturannyang ditetapkan, artinya pemilik angkutan penumpang tidak diperkenankan untuk meminta tarif melebihi apa yang sudah disepakati tersebut, ” ungkapnya. (nop/ang)