Telkom Ikut Menunjang Penyediaan Website PPDB SMA/SMK di Lampung

  • Bagikan
GM PT Telkom Indonesia Witel Lampung, Susila Shane Sihombing. Foto Rimadani Eka Mareta/radarlampung.co.id

RADARLAMPUNG.CO.ID-Pelaksanaan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 2021 dimulai Senin (14/6) digelar secara dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring). Guna memperlancar akses pendaftaran PPDB secara daring, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung bekerja sama dengan PT Telkom Indonesia Wilayah Telekomunikasi (Witel) Lampung.

Namun, pelaksanaan pendaftaran PPDB dihari pertama mengalami sedikit persoalan. Akses masuk pendaftaran pada laman https://lampung.siap-ppdb.com/ sempat mengalami gangguan pada Senin (14/6) pagi. Hal ini lantas dibenarkan GM Telkom Witel Lampung, Susila Shane Sihombing.

“Jadi pelaksanan PPDB hari pertama memang ada gangguan teknis, terjadi pagi tadi sekitar dua jam. Mulai pukul 07.00 sampai 09.00 WIB. Namun saat ini sudah bisa kami tangani,” beber Susila Shane, Senin (14/6) yang ditemui di Kantornya di Jalan Mojopahit 14 Tanjungkarang Pusat, Bandarlampung.

Menurutnya masalah yang terjadi sehingga sempat mengalami gangguan teknis karena ada masalah sistem. Di mana, pada tahun-tahun sebelumnya, pendaftaran PPDB SMA/SMK dilakukan menggunakan data ujian nasional (UN).

Namun di tahun ini, menggunakan basis data NISN. Karena hal tersebut tidak seragam, maka sistem sempat gagal proses. “Sebenarnya data sudah masuk dari H-1 kemarin, namun ternyata ada sekolah field datanya tidak seragam, sehingga eror. Maka mau tidak mau kami berhentikan dahulu sementara,” jelasnya.

Baca Juga:   Vaksinasi Gotong Royong Charoen Pokphand Group Lampung

Namun, saat pihaknya sudah mengetahui persoalan tersebut. Maka tim langsung mengatasi, dan saat ini aplikasi pendaftaran PPDB SMA/SMK di Lampung sudah bisa di akses. “Jadi bukan karena kendala di server yang tidak bisa menampung, namun karena sempat eror di field data sekolah. Namun sekarang sudah bisa diatasi,” tambahnya.

Untuk menunjang pelaksanaan pendaftaran PPDB SMA/SMK di Lampung tetap lancar, PT Telkom Indonesia Witel Lampung menyiapkan tiga tim khusus dengan sepuluh teknisi khusus untuk standby mengkonsolidasikan dan mengawal pendaftaran PPDB.

Sementara bagi masyarakat yang masih kesulitan akses, Account Manager Witel Lampung, Oktavian Alma Renata membagikan kiat-kiat mengakses laman PPDB SMA/SMK di Lampung dengan mudah. Pertama, siswa mengecek konektivitas internet yang dimiliki dan perangkat yang digunakan.

“Jika memang mengalami kendala, kami sarankan beralih ke jaringan internet lain atau mencoba dengan perangkat lain. Misalnya menggunakan telefon seluler, bisa beralih menggunakan laptop,” jelas Alma.

Alma mengatakan, dalam kerjasama yang dilakukan antara PT Telkom Indonesia Witel Lampung dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung ini turut diikuti dengan 148 sekolah yang berpartisipasi dalam pendaftaran PPDB SMA/SMK secara daring. Jumlah tersebut terdiri dari 135 SMA dan 13 SMK di Provinsi Lampung.

Baca Juga:   Tunas Honda Lampung Komitmen Edukasi Masyarakat Dalam Berkendara dengan #Cari_Aman

Sementara dalam mengakses laman pendaftaran PPDB, siswa bisa masuk melalui https://lampung.siap-ppdb.com/ dari aplikasi internet yang dimiliki baik melalui telefon seluler maupun laptop dan komputer.

Selanjutnya muncul dua pilihan besar, ada PPDB online jenjang SMA dan PPDB online jenjang SMK. Pada masing-masing pilihan tersebut ada pilihan lainnya, untuk PPDB online jenjang SMA terdapat lima pilihan jalur masuk.

Mulai zonasi, perpindahan orang tua, prestasi akademik, prestasi non akademik, dan afirmasi. Sementara PPDB online jenjang SMK hanya memiliki satu jalur masuk yaitu, umum.

Siswa diminat memilih salah satu jalur pendaftaran yang diinginkan, selanjutnya di klik. Jika siswa memilih jalur zonasi misalnya, nantinya akan muncul dua pilihan Informasi yang dapat diakses. Pertama Siswa Menyiapkan Dokumen, yang berisikan informasi mulai dari : Jadwal Pelaksanaan; Tempat Pelaksanaan; Daya Tampung Sekolah; Persyaratan Peserta; Tata Cara Pelaksanaan; dan Daftar Unduhan.

Kemudian pilihan lainnya berupa, Siswa Melakukan yang digunakan untuk mengunggah dokumen persyaratan. Barulah di bagian ini, siswa bisa mengisi Informasi pendaftaran mulai menginput Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), sekolah asal, jenis lulusan dan Informasi data diri siswa lainnya. Barulah jika sudah lengkap, pendaftaran PPDB siswa bisa diselesaikan dan siswa diminta menunggu hingga waktu pengumuman selanjutnya. (rma/wdi)




  • Bagikan