Tenaga Konstruksi Tanggamus Ikut Uji Kompetensi

  • Bagikan
Tenaga terampil konstruksi dari 20 kecamatan mengikuti pelatihan dan uji kompetensi di GSG Pekon Purwodadi, Kecamatan Gisting. FOTO HANIBAL BATMAN/RADARLAMPUNG.CO.ID
Tenaga terampil konstruksi dari 20 kecamatan mengikuti pelatihan dan uji kompetensi di GSG Pekon Purwodadi, Kecamatan Gisting. FOTO HANIBAL BATMAN/RADARLAMPUNG.CO.ID

radarlampung.co.id – Sebanyak 100 tenaga terampil konstruksi dari 20 kecamatan mengikuti pelatihan dan uji kompetensi. Kegiatan yang dilaksanakan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Tanggamus tersebut berlangsung di GSG Pekon Purwodadi, Kecamatan Gisting.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Tata Kelola dan Jasa Konstruksi Toni Saputra, pelatihan dan uji sertifikasi tersebut bertujuan mengimplementasikan UU Nomor 2/2017 tentang Tenaga Jasa Kontruksi. Di mana, harus ada tenaga terampil pada bidang masing-masing.

“Untuk kabupaten, hanya bisa melakukan sertifikasi K3 yakni pendidikan dari SMA ke bawah, yang dilaksanakan dari 23-25 Juli 2019,” kata Toni mewakili Kepala Dinas PUPR Tanggamus Riswanda Djunaidi.

Dilanjutkan, untuk hari pertama, instruktur dari LPJK menyampaikan tentang materi pelatihan sertifikasi. ”Dilanjutkan uji praktik serta wawancara pada hari kedua dan ketiga,” urainya.

Toni menuturkan, uji kompetensi serta wawancara untuk menentukan apakah 100 tenaga konstruksi tersebut layak mendapatkan sertifikat akan dilaksankana pada 24-25 Juli di Kantor Dinas PUPR Tanggamus. Ia berharap tenaga konstruksi kayu dan batu tersebut dapat lulus.

Terlebih utusan dari kecamatan tersebut merupakan tukang profesional. Namun karena keterbatasan, belum miliki sertifikat. ”Uji sertifikasi dilakukan oleh assessor dari LPJK. Jika sudah memiiki sertifikat, tandanya tukang tersebut memang telah professional,” tegasnya.

Ke depan, sertifikat akan mempermudah tukang yang bersangkutan untuk bekerja pada suatu bidang kontruksi. Baik gedung dan bangunan. Terlebih gedung atau bangunan saat ini lebih mengedepankan tukang yang profesional. Artinya sertifkat menjadi syarat yang sangat penting. (iqb/ehl/ais)




  • Bagikan