Tenang, Peserta BPJS PBI di Pesawaran Tidak Dikurangi

  • Bagikan
ILUSTRASI/FOTO NET

radarlampung.co.id – Rencana kenaikan premi tahun depan tidak mengurangi peserta BPJS yang dibiayai melalui APBD Pesawaran. Kuotanya tetap sama, seperti terdaftar tahun ini.

“Kebijakan bupati, walaupun ada kenaikan tarif BPJS, jumlah peserta tidak ada pengurangan. Kuotanya tetap sama dengan yang telah terdaftar tahun 2019,” kata Kepala Dinas Kesehatan Pesawaran Harun Tri Djoko, Jumat (15/11).

Menurut dia, peserta BPJS penerima bantuan iuran (PBI) yang bersumber dari APBN mencapai 250.134 jiwa. Sedangkan yang dibiayai oleh APBD Pesawaran mencapai 30.335 jiwa. Tahun ini, pemkab menganggarkan sekitar Rp9,5 miliar

“Pada APBD 2020, karena ada kenaikan iuran, direncanakan akan bertambah menjadi Rp15 miliar,” sebut dia.

Baca Juga:   Bupati Launching Distribusi Bantuan untuk Pasien Covid-19

Harun mengungkapkan, premi BPJS untuk kelas tiga pada 2019 mencapai Rp23 ribu dan tahun depan naik menjadi Rp42 ribu. “Kenaikan premi untuk peserta BPJS yang dibiayai APBD ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Pesawaran,” ujarnya.

Dilanjutkan, pemkab bersama DPRD saat ini tengah membahas kebutuhan anggaran untuk mengcover kenaikan premi BPJS bagi 30.335 jiwa di Pesawaran. Hal itu dilakukan sebagai upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. (ozi/ais)




  • Bagikan