Metro  

Tenang Warga Metro, Fasilitas Kesehatan Tetap Buka selama Lebaran


RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Kota Metro memastikan fasilitas kesehatan akan tetap buka selama Hari Raya Idul Fitri.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Metro, Bangkit Haryo Utomo mengatakan akan segera menginstruksikan Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk mengeluarkan surat ke seluruh Faskes seperti rumah sakit dan puskesmas untuk tetap buka melayani pasien.





“Nanti akan kita instruksikan melalui surat khusus kepada rumah sakit, dan puskesmas. Biasanya akan buka model shift atau piket. Rumah Sakit dan Puskesmas dilarang tutup selama libur hari raya Idul Fitri,” katanya, Minggu (10/4).

Dikatakannya, surat khusus akan diberikan kepada dinas kesehatan pada pertengahan puasa mendatang untuk pengingat agar fasilitas kesehatan tidak tutup selama lebaran.

“Nanti pertengahan puasa akan kita ingatkan lagi ke dinas kesehatan bahwa pelayanan kesehatan tidak boleh berhenti atau tutup walaupun itu hari raya idul Fitri,” tukasnya.

Terpisah, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Metro, Wahyudi Putra Pujianto juga memastikan layanan faskes peserta JKN KIS akan tetap beroperasi pada Idul Fitri 2022 mendatang.

“Informasi terakhir, mudik memang diperbolehkan. Kita  akan koordinasikan, termasuk pelayanan pada faskes pertama. Nanti menjelang Idul Fitri akan kita informasikan faskes-faskes yang beroperasi di BPJS Kesehatan cabang Metro,” katanya.

Ia menambahkan, peserta JKN KIS yang akan melakukan mudik dapat memanfaatkan aplikasi BPJS Kesehatan yang bisa diunduh secara gratis di Playstore dan Appstore.

“Jadi peserta JKN-KIS tidak perlu khawatir. Karena fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, termasuk di luar kota, tetap melayani sekalipun peserta tidak terdaftar di FKTP,” pungkasnya. (rur/ang)