Terapkan Teknologi Ukur Kadar Aci Singkong, Pemprov Lampung Bakal Gandeng Polinela

  • Bagikan
petani singkong tengah mengangkut singkong di kebunnya. Foto dok Dedi S/radartuba/radarlampung.co.id

RADARLAMPUNG.CO.ID-Pemprov Lampung berencana menggandeng Politeknik Negeri Lampung (Polinela) dalam menerapkan sistem teknologi yang mampu mengukur refraksi aci yang ada di dalam singkong sebelum dijual ke pabrik. Hal ini disampaikan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Lampung, Edi Yanto.

Edi mengatakan, nantnya Polinela akan mencoba apakah bisa dengan teknologi dan peralatan untuk mengukur refraksi yang simpel yang bisa dilakukan oleh petani dilapangan. Sehingga, sebelum di jual ke pabrik, petani bisa mengetahui kadar aci yang terdapat didalam singkong tersebut.


”Jadi nanti teman-teman di Polinela akan mencoba mencari alat tersebut, sehingga petani bisa tahu kadar aci sebelum menjual singkongnya ke perusahaan,” jelas Edi, Senin (15/3).

Baca Juga:   PERSIAPAN PTM

Tak hanya itu, Pemprov Lampung juga masih mengumpulkan data di lapangan mengenai persoalan harga singkong sehingga bisa mencarikan solusi untuk menaikkan harga singkong di Lampung yang saat ini cenderung turun saat ini.

Mengenai rencana menggandeng Polinela disambut baik oleh pihak Polinela. Salah satunya diungkapkan Kepala Laboratorium Analisis Polinela, Yatim R. W.

”Kalau memang nanti diajak kerjasama Pemprov Lampung ya kami siap saja, apalagi jika nantinya diperintakan oleh Direktur Polinela. Pastinya saya akan siap,” jelasnya.

Tapi memang saat ini dirinya belum pernah mencoba penerapan pengukuran kadar aci dilakukan di luar laboratorium. Untuk pengukuran kadar aci di laboratorium diakui Yatim memang sudah sering kali dilakukan.

Baca Juga:   PERSIAPAN PTM

”Selama ini kita mengukur kadar tepungnya, patinya bisa tapi kan di laboratorium. Dan perlu waktu, alat khusus dan harganya juga berbeda ya. Tapi tentu kalau nantinya di aplikasikan ke lapangan pasti ada yang mudah ya,” jelasnya. (rma/wdi)




  • Bagikan