Terhindar dari Panas Dalam dan Tetap Fit Saat Puasa, Dokter: Disiplin

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Puasa membuat tubuh kita kerap ‘kaget’ dalam kebiasaan makan dan minum. Jelas saja, 13 jam perut tak terisi. Jika kita tidak benar dalam mengatur makan dan minum, bisa saja tubuh kita malah drop.

Salah satu masalah yang kerap hadir saat puasa adalah panas dalam. dr L. Aswin Pramono, SpPD dari Rumah Sakit St. Carolus mengatakan bahwa dengan disiplin masalah itu bisa tidak akan datang.

“Disiplin! Disiplin dan dalam jumlah minum 8 gelas,” ujarnya.

Kebutuhan asupan air sangat penting untuk menghindari terjadinya panas dalam. dr Awin menganjurkan untuk mengikuti panduan minum saat bulan puasa, yaitu 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, dan 4 gelas di malam hari.

Selain itu, agar tetap fit selama berpuasa, sebaiknya melakukan olahraga dengan intensitas rendah hingga sedang untuk mempertahankan kebugaran tubuh.

“Satu lagi yang penting, aktivitas jasmani, pada saat berpuasa itu bagus, paling tepat dilakukan saat menjelang buka puasa,” jelas dr Aswin.

“Tapi jangan yang high impact ya, yang kayak main bola, tenis, ini jangan. Jogging saja, senam-senam, stretching yang low impact,” tandasnya. (dtc/ynk)




  • Bagikan