Terkait ASN Dapat WFH Usai Lebaran, Ini Kata BKD


Ilustrasi bekerja dari rumah atau work from home. Foto: dok. Wifi Republic

RADARLAMPUNG.CO.ID – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo mendukung usul Kapolri Jenderal (Polisi) Listyo Sigit Prabowo agar aparatur sipil negara (ASN) dan karyawan swasta menjalankan work from home (WFH) untuk mencegah kemacetan arus balik.

Untuk itu, Tjahjo meminta semua pejabat pembina kepegawaian (PPK) agar mengatur jadwal WFH di instansi masing-masing. Ia pun memastikan WFH tidak akan mengganggu pelayanan, urusan administrasi, serta layanan pemerintahan lainnya.





Terkait hal tersebut, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bandarlampung masih menunggu arahan Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana terkait Aparatur Sipil Negara (ASN) diperbolehkan bekerja di rumah atau WFH setelah libur lebaran.

Baca Juga:   Jelang HUT Apeksi, Wali Kota Audiensi dengan Wagub

Sekretaris BKD Bandarlampung Rohadi Yusuf mengatakan, pihaknya masih menunggu arahan wali kota terkait tindak lanjut kebijakan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo yang mengizinkan ASN bekerja di rumah atau WFH.

“Kita BKD masih menunggu terkait aturan KemenPANRB terkait WFH. Biasanya nanti ada SE dari Gubernur yang diturunkan ke wali kota/bupati, terus baru wali kota membuat turunanya,” ujarnya saat ditemui di Kantor BKD Bandarlampung, Senin (9/5).

Namun, pihaknya pun telah menyerahkan aturan WFH dari KemenPANRB ke Sekretaris Kota (Sekkot) Bandarlampung. “Sudah kita laporkan ke pak Sekda,” ujar mantan Camat Telukbetung Utara (TbU) itu.

Sembari menunggu, BKD juga akan berkoordinasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) seperti bagian hukum, bagian organisasi Inspektorat terkait mekanismenya.

Baca Juga:   Pemerintah Longgarkan Imbauan Pakai Masker di Area Terbuka, Begini Tanggapan Wali Kota

“Kami akan koordinasikan dulu dengan OPD terkait seperti bagian hukum, bagian organisasi inspektorat,” tuturnya. (pip/sur)