Ternyata, Begini Cara OTB Bajak WA untuk Penipuan

  • Bagikan
Screenshot obrolan penipuan via WA yang mengatasnamakan Roni.

RADARLAMPUNG.CO.ID – Harap teliti dalam membantu sesama. Walaupun itu teman dekat kita. Sebab, bisa jadi itu penipuan melalui pembajakan akun medsos atau akun komunikasi teman kita.

Pagi ini (17/3), aksi pembajakan seperti hal itu menimpa MR, warga Waykandis, Bandarlampung. Akun WhatsApp pribadinya dibajak oknum tak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan agar mengirim sejumlah uang.


Mengetahui WA-nya dibajak, MR secepatnya melakukan klarifikasi via Facebook. “WA saya atas nama Roni dibajak. Bilamana ada yang kirim pesan lewat WA saya tolong jangan dihiraukan terlebih dahulu, Trims,” tulisnya yang turut dibenarkan olehnya saat radarlampung.co.id mengkonfirmasi via telepon.

MR menjelaskan, awal mula pembajakan terjadi saat ia mengenal seseorang dalam jejaring FB. Oknum tak bertanggungjawab (OKTB) tersebut mengajak pertemanan lebih dekat via WA, dengan meminta nomor WA milik MR.

Baca Juga:   Aziz Syamsudin Dijemput Penyidik, Ini Kata Ketua KPK

Selanjutnya, dengan tipudaya, oknum tersebut mengirim pesan singkat SMS ke nomor ponsel pribadi MR. “Setelah kirim SMS, dia bilang ada kode pertemanan WA khusus untuk dikirim ulang padanya. Tanpa curiga, saya mengirimnya,” bebernya.

Tak ayal, kode tersebutlah yang membuat akun WA MR terbajak. “Setelah mengirim kode tersebut WA di HP saya tidak bisa digunakan. Dan sejumlah teman mengkonfirmasi bahwa WA saya meminta mengirimi uang via rekening. Karena sadar WA saya dibajak, saya bilang ke teman-teman saya untuk jangan dikirim,” tukasnya. (sur)




  • Bagikan