Ternyata, Ini Dugaan Penyebab Gempa Tanggamus

  • Bagikan
ilustrasi gempa. foto NAYPONG/ISTOCK/GETTY IMAGES PLUS/https://www.sciencenewsforstudents.org/

RADARLAMPUNG.CO.ID-Gempar ringan masih terjadi di Tanggamus. Gempa yang umumnya dangkal, hanya di kedalaman 2 kilometer itu diduga terjadi karena adanya patahan Sesar Semangko, sesar lokal yang berada didaerah Tanggamus. Hal tersebut disampaikan Rudi Harianto sebagai Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Lampung dalam sambungan telepon seluler pada Jumat (2/7).

“Berdasarkan pantauan kami, gempa ini disebabkan sesar lokal yaitu, Sesar Semangko yang menyebabkan gempa tektonik di Tanggamus. Sampai tanggal 2 Juli ini, jumlah gempa mencapai 205 kali, terakhir pukul 15.36 WIB dengan berkekuatan 1,8 skala Richter (SR),” jelas Rudi.

Menurutnya, gempa yang muncul beragam 1,9 SR hingga 2,9 SR dengan kedalaman 2 kilometer dibawah permukaan laut. Sehingga gempa bisa terasa oleh masyarakat setempat meskipun kekuatan gempa termasuk kecil.

Baca Juga:   Diskes Tangggamus Mulai Vaksinasi Masyarakat Umum

Rudi mengatakan kemungkinan besar potensi munculnya gempa masih diprediksi terjadi. Namun jika dilihat dari riwayat gempa yang terjadi, Rudi mengatakan potensi gempa besar kemungkinan kecil terjadi.  “Untuk kemungkinan gempa besar belum bisa dipastikan, tetapi jika dilihat histori gerakan dan getaran yang ada dimungkinkan masih ada. Intensitas nya ringan,” tambahnya.

Namun masyarakat tetap diminta waspada serta mengikuti arahan pemerintah setempat. “Kami bersama pemda Tanggamus, BPBD dan kepolisian, semua diharapkan waspada tapi Alhamdulillah belum ada informasi terdampak. Sehingga kami minta masyarakat mengikuti arahan pemda dab ikuti informasi BMKGdan jangan percaya informasi diluar itu,” tandasnya. (rma/wdi)




  • Bagikan