Tertibkan PKL di Kawasan Stasiun Tanjungkarang

  • Bagikan
Petugas PT KAI Divre IV Tanjungkarang melakukan penataan terhadap kios kaki lima dan warung di area stasiun Kereta Api Tanjungkarang, Kamis (21/11). FOTO MELIDA ROHLITA/RADARLAMPUNG.CO.ID  

radarlampung.co.id – Sembilan warung dan kios pedagang kaki lima (PKL) di halaman depan Bambu Kuning Square ditertibkan oleh PT KAI Divre IV Tanjungkarang, Kamis (21/11). Langkah penataan dilakukan sebagai persiapan menyambut Natal dan Tahun baru 2020.

Manager Humas PT KAI Divre IV Tanjungkarang Sapto Hartoyo mengatakan, pihaknya ingin memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Karena menjelang Natal dan Tahun Baru banyak kendaraan yang memasuki kawasan stasiun, maka lokasi PKL itu akan dijadikan lahan parkir.

”Penataan ini dilakukan demi kerapihan area stasium. Jika dilihat dari tahun ke tahun, area tersebut terlihat kumuh. Hal ini juga sudah dibicarakan dengan gubernur. Salah satu tujuannya agar tidak terlihat kumuh,” tegasnya

Baca Juga:   Ini Instruksi Walikota Terkait Bandarlampung Masuk dalam Kategori PPKM Level 4

Sebagai gantinya, PT KAI Divre IV akan menyiapkan lokasi lain untuk berdagang. ”Tadi malam, dengan sendirinya mereka (pemilik warung, Red) yang membongkar. Jadi untuk sementara waktu, area ini kami tutup,” tandasnya.

Sementara pembina pedagang Perhendra menilai penertiban yang dilakukan tidak sesuai dengan kesepakatan. ”Saya selaku mediatornya. Ini semua di luar kesepakatan. Terutama terkait masalah perpakiran dan pemagaran. Sebagian pedagang dan warga juga tidak tahu. Ini tiba-tiba main pagar saja. Kami tidak tahu komunikasinya seperti apa. Terus nanti akses jalan bagaimana,” katanya.

Perhendra mengungkapkan, berdasar kesepakatan, pedagang akan direlokasi. Jangka waktunya sepekan untuk menyiapkan lokasi. ”Kalau seminggu ini tidak ada pembangunan, kami akan bergerak. Karena sudah ada perjanjian hitam di atas putih,” sebut dia. (mel/ais)




  • Bagikan