Tetapkan Sembilan Pekon Sebagai Desa Wisata


Tetapkan Sembilan Pekon Sebagai Desa Wisata
Disparbud Tanggamus bersama Kepala Bappelitbang Hendra Wijaya Mega dan IFTA usai membahas pengembangan dua desa wisata, di rumah makan Bukit Pasir Kotaagung. FOTO RNN

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemkab Tanggamus menetapkan sembilan pekon sebagai desa wisata. Langkah ini dilakukan untuk pengembangan destinasi wisata dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Terkait hal itu, tahun ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Tanggamus menggandeng konsultan bidang pariwisata untuk memberikan pendampingan.





Kepala Disparbud Tanggamus Retno Noviana Damayanti mengatakan, sembilan pekon itu terdiri dari Pekon Kiluannegeri, Kecamatan Kelumbayan; Pekon Sukaraja, Kecamatan Semaka dan Pekon Sidokaton di Kecamatan Gisting.

Kemudian Pekon Kampungbaru, Kecamatan Kotaagung Timur; Pekon Putihdoh, Kecamatan Cukuhbalak; Pekon Sumbermulyo, Kecamatan Sumberejo serta Pekon Sukamaju dan Muaradua di Kecamatan Ulubelu.

“Untuk tahun ini, dua desa wisata akan kita berikan pendampingan agar lebih berkembang. Yaitu Pekon Kampung Baru, Kecamatan Kotaagung Timur yang memiliki destinasi wisata Air Terjun Waylalaan dan Pekon Sumbermulyo, Kecamatan Sumberejo yang memiliki Dusun Sailing, tempat kerajinan kain tenun Lampung,” kata Retno Noviana.

Baca Juga:   DPRD Tanggamus Sampaikan Dua Raperda Inisiatif

Menurut Retno Noviana, dua pekon tersebut berpotensi menjadi destinasi wisata unggulan di Indonesia pada umumnya dan Lampung khususnya.

“Kami ingin dua pekon tersebut menjadi destinasi wisata unggulan, sehingga para turis, baik lokal maupun internasional dapat tertarik berkunjung,” tandasnya.