Tubaba  

Tiga Belas Tahun Momentum Evaluasi


RADARLAMPUNG.CO.ID – Bupati Tubaba, Ir. Hi. Umar Ahmad S.P. mengharapkan agar momentum Paripurna Ulang Tahun ke-13, Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), Lampung, menjadi momentum evaluasi terhadap apa yang telah kita sumbangkan untuk Tubaba, khususnya dalam mendorong terciptanya peradaban yang maju, sejahtera, dan berdaya saing.

Sebab, seiring perjalanan panjang yang telah dilalui, Kabupaten Tubaba telah mengalami perubahan signifikan, baik dari aspek fisik, aspek sosial budaya, ekonomi, dan lingkungan.





Dari aspek fisik, pengembangan kawasan perkotaan Kabupaten Tubaba pengembangan infrastruktur jalan dan jembatan, pasar tradisional yang modern dan sarana prasarana lainnya telah dapat terlihat dan nikmati bersama. Hal ini diungkapkan Umar Ahmad saat Paripurna HUT ke-13 Kabupaten Tubaba.

Umar melanjutkan, dari aspek sosial budaya, penduduk dan aktivitas semakin beragam sejalan peran Tubaba sebagai pusat pertumbuhan, yang mengundang warga dari daerah lain untuk berwisata sehingga berdampak terhadap meningkatnya pertumbuhan ekonomi.

Berbagai perubahan ini tentu harus diantisipasi secara cerdas, antara lain dengan memulihkan kualitas lingkungan agar tetap menjadi tempat yang nyaman bagi sistem kehidupan, sekaligus memberi dampak terhadap peningkatan kesejahteraan warga dalam jangka panjang. “Pandemi Covid-19 telah menyebabkan terjadinya banyak perubahan dalam kehidupan kita,” ungkapnya.

Lebih lanjut Umar menjelaskan, kemajuan tersebut harus diiringi perubahan karakter dan cara pikir menjadi lebih terbuka, kreatif, mandiri dan mampu, menjalin hubungan sosial dengan baik, serta mampu beradaptasi dengan perkembangan jaman agar setiap orang dapat memberi manfaat besar bagi lingkungan dan dirinya sendiri.

“Oleh karena itu, peringatan tiga belas tahun Kabupaten Tulang Bawang Barat harus dimaknai sebagai sarana meningkatkan dan memanfaatkan daya pikir yang lebih maju, sesuai visi Kabupaten Tulang Bawang Barat. “Maju, Sejahtera dan Berdaya saing,” tutup Umar dalam Paripurna yang dipimpin langsung Ketua DPRD Ponco Nugroho ST mulai Pukul 16.00 WIB tersebut. (fei/ang)