Tiga Kecamatan Jadi Lokasi Kebun Percontohan Lada Terintegrasi Dengan Kopi

  • Bagikan
Ketua Komisi IV DPR RI Sudin didampingi Bupati Dewi Handajani menyerahkan bantuan benih lada dan kopi kepada petani Tanggamus disela kegiatan bimtek. FOTO RNN

Evi menuturkan, kebun percontohan lada yang terintegrasi dengan kopi menyasar tiga kecamatan. Yakni Airnaningan, Pulaupanggung dan Ulubelu.

“Mudah-mudahan setelah Lebaran, kebun percontohan segera dibangun. Petani bisa belajar di sana dan diharapkan kemampuan meningkat. Karena kita tahu, saat ini produksi lada di Tanggamus sekitar 500 kilogram per hektar per tahun. Kita harap setelah mengikuti bimtek dan adanya kebun percontohan, produktivitasnya naik menjadi satu ton lebih per hektar per tahun,” ujarnya.

Sementara Ketua Komisi IV DPR RI Sudin mengatakan, selain bimtek, petani juga mendapat bantuan benih lada.

“Bimtek di Tanggamus ini sudah enam kali dilaksanakan. Tujuannya untuk memberikan pengetahuan kepada petani dalam meningkatkan produksi. Adanya bantuan benih diharapkan dapat membantu mengurangi biaya produksi,” kata Sudin yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Lampung.

Baca Juga:   Ratusan Pegawai Dishub Tanggamus Mendapat Vaksin Dosis Pertama

Dilanjutkan, tahun 2022 ada bantuan untuk petani dengan jumlah yang lebih besar. Yakni program bantuan Saya Peduli atau I Care dengan nilai per paket mencapai 1 juta dolar Amerika.

“Ini bantuan dari Bank Dunia bekerjasama dengan Puslitbang Kementan. Di Indonesia yang dapat sembilan provinsi. Salah satunya Lampung di Kabupaten Tanggamus,” tandasnya.




  • Bagikan