Tiga Komisioner KPU Pesbar Datangi KPU Lampung

  • Bagikan
Ketua KPU Pesbar, Yurlisman.

radarlampung.co.id – Tiga Komisioner KPU Pesisir Barat (Pesbar) mendatangai kantor KPU Lampung, Kamis (10/1) siang. Ketiganya adalah, Ketua Yurlisman; Komisioner Divisi Hukum, Yulianto; dan Komisioner Divisi SDM dan Organisasi, Marlini.

Menurut Yurlisman, ada beberapa agenda yang akan disampaikan ke KPU Lampung pada kunjungannya ini. Pertama, melaporkan hasil berita acara terkait klarifikasi terhadap PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) mengenai pertemuan dengan salah satu Caleg. Tapi ada beberapa hal lain juga yang akan kami konsultasikan di luar soal PPK tersebut.

Yurlisman sempat menjelaskan, ihwal pertemuan antara PPK dengan Caleg yang terjadi di Tanggamus awal September lalu. Ditegaskannya, apapun bentuknya pertemuan itu tidak dibenarkan, karena meskipun pelaksanaannya sebelum penetapan DCT (daftar caleg tetap).

Baca Juga:   PKS Lampung Dapat PR Penokohan Nasional Salim Segaf

“Meskipun menurut informasi yang kita proleh, mereka (PPK) hanya bersilatuhrahmi. Jadi pihak dari tim caleg menghubungi salah satu ketua PPK di Pesisir Tengah. Dari peristiwa itu niatan teman-teman untuk mengadakan pertemuan. Tapi tetap dalam bentuk apapun tidak diperbolehkan adanya pertemuan penyelenggara dan caleg,” kata Yurlisman saat ditemui sebelum memasuki ruangan Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono.

Karena itu, KPU Pesbar memberikan sanksi peringatan keras kepada 8 PPK tersebut. Dengan rincian 7 orang ketua PPK dan 1 anggota. Dua ketua PPK di antaranya disanksi dicopot dari jabatan ketua.

 

“Ya sanksi ini sudah sanksi terberat kedua yang diberikan setelah pemberhentian untuk mengganti Ketua PPK. Beberapa kecamatan juga akhirnya mengganti ketua karena telah mengundurkan diri tanpa instruksi kami,” tandasnya. (rma/kyd)




  • Bagikan