Tiga Puskesmas di Tanggamus Reakreditasi

  • Bagikan
Puskesmas Kotaagung, salah satu puskesmas yang akan mengikuti reakreditasi tahun ini. FOTO EDI HERLIANSYAH/RADARLAMPUNG.CO.ID
Puskesmas Kotaagung, salah satu puskesmas yang akan mengikuti reakreditasi tahun ini. FOTO EDI HERLIANSYAH/RADARLAMPUNG.CO.ID

radarlampung.co.id – Status akreditasi tiga puskesmas di Tanggamus akan ditingkatkan tahun ini. Penilaian dijadwalkan berlangsung September mendatang.

Sekretaris Dinas Kesehatan Tanggamus Taufik Hidayat mengatakan, tiga puskesmas tersebut adalah Puskesmas Kotaagung, Gisting dan Talangpadang. Tiga pusat layanan kesehatan itu sudah terakreditasi sejak tiga tahun silam.

“Sesuai aturan akreditasi puskesmas, setiap tahun memang harus ada peningkatan status akreditasinya. Tiga puskesmas itu sudah mendapatkan akreditasi sejak tiga tahun lalu,” kata Taufik.

Untuk Puskesmas Kotaagung dan Gisting terakreditasi madya. Dua puskesmas ini direncanakan naik status akreditasi utama. Sedangkan Puskesmas Talangpadang terakreditasi dasar dan diupayakan naik menjadi madya.

“Ada tiga tingkatan akreditasi puskesmas. Yaitu dasar, madya, utama dan paripurna. Jika awalnya puskesmas sudah mendapatkan akreditasi apapun, tiga tahun berikutnya harus naik ke status diatasnya,” sebut dia.

Dilanjutkan, sebagai satuan kerja terkait, Dinas Kesehatan akan terus membimbing semua puskesmas agar bisa naik akreditasi atau disebut reakreditasi. “Sekarang masih tahap pembinaan. Untuk penilaian akreditasi lanjutan, diperkirakan  September mendatang. Kami berharap agar ketiga puskesmas status akreditasinya bisa naik,” tegasnya. (ehl/ral/ais)




  • Bagikan