Tiga WNA Punya e-KTP Bandarlampung

  • Bagikan
Komisioner KPU Bandarlampung Feri Triatmojo. Foto Rima Mareta/radarlampung.co.id

radarlampung.co.id – Adanya temuan Warga Negara Asing (WNA) yang memiliki e-KTP dan masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) disikapi langsung KPU Bandarlampung bersama Disdukcapil Bandarlampung. 

Namun demikian, Tiga WNA tersebut dipastikan tak masuk dalam DPT meskipun ketiganya telah memiliki e-KTP dengan keterangan domisili di Bandarlampung.

Komisioner KPU Bandarlampung Feri Triatmojo mengatakan, ketiga WNA itu atas nama Jonathan Emery Maragliotti, warga Amerika Serikat yang menetap di kelurahan Kupangteba, Telukbetung Utara; Muhamed Zuber Khatib kewarganegaraan India, tinggal di Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Tanjungkarang Timur; dan Charles Joseph Anderson kewarganegaraan Amerika Serikat menetap di Perumahan Graha Madu Pesona Kluster kelurahan Tanjungsenang.

Baca Juga:   PKS Lampung Dapat PR Penokohan Nasional Salim Segaf

“Kami sudah menerima surat dari disdukcapil, benar ada orang WNA yang sudah miliki izin tinggal dan memiliki e-KTP di Bandarlampung. Namun setelah di cek ketiganya tidak masuk dalam DPT,” kata Feri, Selasa (5/3).

Kadisdukcapil Bandarlampung A. Zainuddin juga membenarkan adanya WNA yang memiliki e-KTP dengan domisili Bandarlampung. Namun menurutnya, dengan terbitnya e-KTP WNA ada beberapa hal yang perlu diketahui.

Terutama soal syarat diterbitkannya KTP elektronik itu sendiri. Karena penerbitan e-KTP khusus WNA diatur dengan aturan yang ketat seperti memiliki surat izin dan lama menetap dari kantor imigrasi dan kedutaan besar WNA.

“Jadi ada syaratnya untuk WNA diterbitkan e-KTP. Apalagi e-KTP yang dimiliki WNA berbeda dengan dimiliki WNI pada umumnya. Namun yang jelas WNA yang memiliki e-KTP tidak bisa memberikan hak pilihnya dalam pemilu,” tandasnya. (rma/kyd)




  • Bagikan