Tim Dosen UM Lampung Latih Desa Sidodadi untuk Lakukan Pemasaran Menggunakan Teknologi Internet

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Upaya melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Lembaga Pengkajian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah (UM) Lampung membuat kegiatan Hibah Internal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat tahun 2021.

Melalui dosen-dosennya ini lah maka dilaksanakan Pengabdian Masyarakat. Tim dosen yang beranggotakan 2 orang yakni Yonnawati, M.H., Goestyari Kurnia Amantha, M.I.P dan Putri Rahmaini, M.I.P (Ketua tim) mengadakan Kegiatan Pelatihan Penggunaan Teknologi Internet dalam Pemasaran Usaha Kerupuk di Desa Sidodadi Kecamatan Waylima Kabupaten Pesawaran.


Anggota Tim Pengabdian Masyarakat UM Lampung, Yonnawati, M.H., menyampaikan, Kegiatan tersebut, dimulai awal bulan Oktober 2021.

Kegiatan ini, bertujuan untuk mendampingi Desa Sidodadi menjadi desa yang memiliki potensial dengan mewujudkan Sumber daya Manusia yang Unggul dan Kreatif. Serta Memperkuat Perekonomian Daerah dengan meningkatkan kualitas masyarakat Kecil, Koperasi dan UMKM.

Baca Juga:   Unila Kembali Lahirkan Guru Besar, Kali Ini Bidang Konseling

“Kegiatan dalam pelatihan ini, supaya mempermudah masyarakat dalam memasarkan usaha kerupuk ikan,” Ungkap Yonnawati.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat, Putri Rahmaini memantau usaha di desa Sidodadi.

Sementara, Ketua tim Pengabdian Kepada Masyarakat, Putri Rahmaini M.I.P menjelaskan, Penggunaan teknologi internet, dapat dilakukan dengan siapa saja. Baik anak muda maupun orang lanjut usia.

“Saat ini, mayoritas penduduk masyarakat sudah memakai alat teknologi yakni smarthphone (Handphone) sehingga bisa memudahkan masyarakat untuk melihat harga ataupun jenis macam kerupuk lainnya di Internet,” Ujarnya.

Adapun rangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini sendiri, terdiri dari Melakukan survei dan observasi, Diskusi dan tanya jawab. Serta Pelatihan Penggunaan Teknologi Internet dalam Pemasaran Usaha Kerupuk secara Online.

Menurut Putri, Desa Sidodadi adalah salah satu desa yang memiliki potensi sumber daya manusia yang cukup. Dimana, di desa Sidodadi memiliki mayoritas penghasil beraneka ragam kerupuk.

Baca Juga:   Seminar Kewirausahaan Nasional, Rektor UTI Sampaikan Kiat Sukses

Kegiatan ini, disambut baik oleh Kepala Desa beserta Perangkat desa yang ada di Sekretariat Desa Sidodadi Kecamatan Waylima.

“Kami berterima kasih kepada tim dari UML yang telah membantu masyarakat desa sebagai Pelaku Usaha Mikro Kelas Menengah melalui kegiatan pelatihan penggunaan teknologi internet dalam pemasaran secara online,”jelas Putri menirukan tanggapan perangkat Desa Sidodadi Kecamatan Waylima, Kabupaten Pesawaran. (gie/rls/yud)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan