Tim PKM UTI Kenalkan Aplikasi Canva Kepada Masyarakat Desa Binaan


RADARLAMPUNG.CO.ID – Universitas Teknokrat Indonesia, PTS terbaik ASEAN mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM). Kali ini berupa pelatihan aplikasi Canva desa binaan di Desa Sidosari, Lampung Selatan.

Kegiatan tersebut diikuti sejumlah dosen dan mahasiswa program studi Teknik Elektro yang tergabung dalam tim PKM Universitas Teknokrat Indonesia.





Terdiri dari dosen Qadhli Jafar Adrian, BMM., MIT.; Akhmad Jayadi, S.Kom., M.Cs.; Jaka Persada Sembiring, S.Kom., M.Cs. dan Novia Utami Putri, ST, MM.

Kemudian mahasiswa program studi Teknik Elektro Ade Rahman, Ahmad Amiruddin, Ade Nurmawan, Indra Prayogi, I Wayan Sudana, Okky Adi Darmawan, Yohannes Christian Sinaga, Ika Septiana dan Waldy Romadhona.

Pelatihan berlangsung dalam dua kali pertemuan. Kunjungan pertama, tim PKM melakukan sosialisasi dan menggali kebutuhan dari Desa Sidosari.

Pada kunjungan kedua, tim memberikan materi penerapan desain menggunakan aplikasi Canva yang bertujuan untuk meningkatkan eksistensi media sosial Pemerintahan Desa Sidosari.

Kemudian meningkatkan eksistensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang dimiliki oleh warga Desa Sidosari.

Tim dosen UTI Qadhli Jafar mengatakan, Canva adalah aplikasi desain grafis online yang mudah digunakan, tanpa harus menguasai kemampuan desain secara menyeluruh.

Tak hanya itu. Aplikasi Canva juga dapat diakses melalui perangkat desktop maupun mobile. Dengan demikian, warga dapat berkreasi kapan pun dan di mana pun.

“Warga diberikan pelatihan pembuatan desain untuk sosial media, terutama bagi pemasaran. Mencakup pembuatan konten pada platform yang sudah dikenal di masyarakat, pengukuran metric dan keterlibatan yang berkelanjutan dengan para pengikut untuk memenuhi tujuan pemasaran yang ditetapkan,” kata Qadhli Jafar.

Platform media sosial yang paling terkenal saat adalah Facebook, Instagram, TikTok, YouTube, Twitter, dan Pinterest. Untuk di Desa Sidosari dilakukan pelatihan media sosial Instagram.

“Diharapkan dengan pelatihan ini, para aparatur desa dan pelaku UMKM di Desa Sidosari dapat menarik para warga maupun pelanggan mereka melalui desain-desain yang menarik di sosial media,” jelasnya.

Sementara Sekretaris Desa Sidosari Zurkurniain Ritonga menyatakan kegiatan itu sangat membantu warga desa yang memiliki UMKM. ”Dengan pelatihan ini, kami bisa mendesain logo atau produk sendiri. Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa Sidosari,” tukasnya. (mel/rls/ais)