Tingkatkan Capaian PBB Melalui Loket Pembayaran Keliling

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Tanggamus bakal menerapkan layanan loket pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) keliling. Langkah ini bertujuan meningkatkan capaian target pajak dari sektor tersebut.

Kepala BPKD Tanggamus Suaidi melalui Kasi Sub Data dan Penetapan, Fresly Simanjuntak mengatakan, pihaknya membentuk tim keliling layanan pembayaran PBB.


“Nanti tiap tim membawa peralatan dan langsung melayani pembayaran wajib pajak,” kata Fresly.

Melalui cara ini, penarikan PBB diharapkan bisa meningkat. Ini merupakan langkah terakhir setelah sosialisasi penarikan yang dilakukan aparat pekon.

“Kami minta wajib pajak di Tanggamus sadar pajak. Sebab nilai pajak di sini sangat rendah. Berbeda dengan kabupaten/kota lain seperti Bandarlampung yang mencapai ratusan ribu,” tegasnya.

Baca Juga:   Angin Kencang, Tower BTS Milik Telkomsel Roboh

Fresly melanjutkan, hingga akhir Oktober, capaian PBB untuk katagori perumahan mencapai Rp1,072 miliar lebih atau 72,25 persen.

Sementara untuk kecamatan, realisasi penarikan PBB 100 persen dicapai oleh Cukuhbalak, Pematangsawa, Limau, dan Bulok.

Kemudian kecamatan yang masih rendah yaitu Gunungalip, sebesar 43,95 persen atau Rp32,271 juta lebih dari target Rp 73,423 juta lebih. Kecamatan Kotaagung 47,33 persen atau Rp73,336 juta lebih dari target Rp154,946 juta lebih dan Airnaningan dengan 55,09 persen atau sebesar Rp48,494 juta lebih dari target Rp 88,019 juta lebih.

“Untuk PBB perusahaan, sebagian sudah melunasi. Kecuali perusahaan-perusahaan yang ada di Kotaagung. Sampai saat ini baru terkumpul Rp2,177 juta lebih dari target Rp48,831 juta lebih atau 4,46 persen,” urainya.

Baca Juga:   Harapkan Hibah Lahan Eks Kantor Samsat untuk Perluasan Sekolah

Secara keseluruhan, realisasi yang tercapai sebesar Rp2,135 miliar lebih. “Ini sudah termasuk baik. Sudah di atas Rp2 miliar. Harapan kami bisa meningkat lagi sampai mendekati Rp2,5 miliar,” kata dia. (ehl/rnn/ais)

 





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan