Tingkatkan Konsumsi Ikan, DKP Mesuji Gencarkan Program Gemarikan

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mesuji melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) gencar melakukan sosialisasi program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) ke sekolah-sekolah. Tujuannya guna mendongkrak konsumsi ikan di wilayah Kabupaten Mesuji.

Bupati Mesuji Saply TH mengatakan, ketersediaan makanan bergizi erat kaitannya dengan tersedianya sumber daya manusia berdaya saing. Menurutnya, kecerdasan, kesehatan, dan keterampilan merupakan tiga indikator utama yang digunakan untuk mengukur sumber daya manusia yang berdaya saing.

Terbangunnya kecerdasan dan kesehatan, serta keterampilan, kata dia, tentunya sangat berkaitan dengan asupan gizi yang diterima oleh tubuh manusia sejak dalam kandungan.

Untuk itu, dia mengajak seluruh elemen masyarakat berperan serta dalam mendorong peningkatan konsumsi ikan guna pemenuhan gizi. Perbaikan gizi melalui konsumsi ikan akan berdampak langsung kepada perbaikan kualitas sumber daya manusia sekaligus peningkatan ekonomi para pihak yang terlibat, terlebih menurutnya wilayah Mesuji dianugerahi sumber daya alam sungai yang memiliki potensi hasil perikanan tinggi.

“Mari bersama kita tingkatkan konsumsi ikan mulai dari keluarga, mengingat manfaat ikan memiliki komposisi nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, kecerdasan, dan pertumbuhan,” ajak Saply.

Kabid Bina Usaha Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Mesuji Andre Al Rendra menerangkan, dirinya bersama jajaran melaksanakan kegiatan Gemarikan di sekolah-sekolah untuk membudayakan makan ikan sejak dini.

Dijelaskannya, pihaknya melalui kegiatan Gemarikan ini sudah melakukan sosialisasi pada tujuh sekolah di tujuh kecamatan dan sudah mencapai target sekitar 2.000 anak sekolah.

Acara Gemarikan dikemas dengan berbagai kegiatan. Antara lain makan ikan bersama dengan berbagai olahan makanan ikan, menyanyi dan tarian kampanye makan ikan, serta kuis berhadiah.

“Peningkatan konsumsi ikan ini menjadi penting karena kandungan gizi asam lemak omega 3, vitamin, dan berbagai mineral pada ikan mampu mengatasi masalah hambatan pertumbuhan (stunting). Meskipun Mesuji merupakan wilayah konsumsi ikan tertinggi di Lampung, tapi belum merata konsumsinya, hanya terpusat di wilayah desa-desa dekat perairan,” kata Andre kepada wartawan Kamis (31/10). (muk/sur)




  • Bagikan