Tingkatkan Kualitas Pengelolaan APBD, Pemkab Tuba Terapkan BMW SAKTI

  • Bagikan
Bupati Tulangbawang Winarti memberikan sambutan usia simbolis penyerahan petikan SK kenaikan pangkat. Foto Diskominfo Tulangbawang

RADARLAMPUNG.CO.ID- Untuk meningkatkan kualitas pengelolaan APBD, Pemkab Tulangbawang melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) akan menerapkan Bergerak Melayani Warga (BMW) melalui Sistem ASB Komprehensif dan Terintegrasi (SAKTI).

BMW SAKTI sendiri merupakan inovasi dalam penggunaan Analisa Standar Belanja (ASB) dalam proses penganggaran yang diintegrasikan ke dalam Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD).


Kabid Anggaran BPKAD Tulangbawang Hendra mengatakan, BMW SAKTI adalah suatu terobosan baru untuk meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah, terutama dalam proses penyusunan anggaran.

Menurutnya, dalam project ini ASB sangat berperan dalam proses penganggaran berbasis kinerja untuk mewujudkan APBD yang berkualitas.

“ASB berfungsi untuk menentukan anggaran berdasarkan tolak ukur kinerja yang jelas, dasar kewajaran beban kerja dan biaya suatu kegiatan. Selain itu, dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam pengelolaan keuangan daerah, serta menghindari terjadinya inefisiensi dan mark up anggaran,” jelas Hendra yang juga project leader program ini, Minggu (5/9).

Baca Juga:   Miliki Peran Strategis, Pemkab Tuba Minta Operator Kampung Melek Teknologi

Sementara itu, Bupati Tulangbawang Winarti melalui Kepala BPKAD Rustam Effendi mengatakan, diterapkannya BMW SAKTI merupakan upaya dalam mewujudkan APBD yang berkualitas, APBD yang memiliki nilai ekonomi, efisiensi, efektifitas, keadilan, akuntabilitas, dan responsivitas.

“Sehingga diharapkan semua program kegiatan yang telah dianggarkan dalam APBD, khususnya 25 program BMW dapat terlaksana tepat waktu, optimal dan berkualitas,” ungkap Rustam. (nal//wdi)




  • Bagikan