Tuba  

Tingkatkan PAD, Dua Kabupaten Jalin Kerjasama Pelayanan Uji Kendaraan


Dishub Tulangbawang dan Tulangbawang Barat menjalin kerjasama pelayanan uji berkala kendaraan bermotor. Foto Dok. Dishub Tulangbawang
Dishub Tulangbawang dan Tulangbawang Barat menjalin kerjasama pelayanan uji berkala kendaraan bermotor. Foto Dok. Dishub Tulangbawang

Radarlampung.co.id – Berbagai upaya dilakukan Pemkab Tulangbawang untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Salah satu caranya yakni menjalin kerjasama dengan Pemkab Tulangbawang Barat di bidang pelayanan uji berkala kendaraan bermotor.





Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Tulangbawang Penliyusli PNR mengatakan, kerjasama dua kabupaten tersebut merupakan salah satu bentuk sinergi positif demi kemajuan masing-masing daerah.

Selain itu, kerjasama dilakukan juga untuk meningkatkan pendapatan daerah masing-masing kabupaten.

“Iya, kemarin kita jalin kerjasama dengan Dinas Perhubungan Tulangbawang Barat dalam melakukan pelayanan uji berkala kendaraan bermotor,” kata Penli, Jumat (21/1).

Kerjasama yang dimaksud yakni dengan melakukan sharing alat uji berkala kendaraan bermotor.

“Jadi istilahnya mereka menumpang di sini untuk melakukan pengujian kelayakan kendaraan bermotor. Dari kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan PAD masing-masing daerah,” terangnya.

Baca Juga:   Hilang Saat Jaring Ikan, Warga Tuba Ditemukan Meninggal Tenggelam

Diketahui, beberapa saat lalu Dishub Tulangbawang telah melakukan kalibrasi terhadap alat uji di Balai Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB).

Kalibrasi adalah proses pengecekan dan pengaturan akurasi dari alat ukur dengan cara membandingkannya dengan standar atau tolok ukur.

Kegiatan itu diperlukan untuk memastikan bahwa hasil pengukuran yang dilakukan akurat dan konsisten dengan instrument lainnya.

Proses kalibrasi dilakukan Tim Kalibrasi dari Balai Kementerian Wilayah VI Lampung Bengkulu dan didampingi Teknisi dari Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) alat uji.

Terdapat delapan alat uji yang dilakukan kalibrasi seperti: sound level meter atau uji kebisingan; headlight tester atau uji lampu; speedometer tester atau uji kecepatan; braketester atau uji rem; side slip meter atau uji kemiringan roda depan; axle load meter atau uji berat kendaraan; co/hc tester atau emisi bensin; dan smoke tester atau uji emisi diesel.

Baca Juga:   Bupati Winarti Antar Tuba Raih WTP Delapan Kali Berturut

“Alhamdulillah, dari delapan alat uji yang dikalibrasi hasil ujinya baik dan akurat semua,” katanya beberapa saat lalu. (nal/sur)